Bupati Balangan Abdul Hadi meminta kepada semua pihak serta seluruh jajaran dan aparatur pemerintahan Kabupaten Balangan untuk menyebarluaskan berita gembira terkait adanya pelayanan Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi di Balangan.

"Gunakan media sosial, baik langsung di desa-desa maupun di dunia maya jangan sampai ada warga yang perlu layanan keimigrasian tetapi tidak mengetahui kehadiran UKK Imigrasi Balangan," kata Abdul Hadi usai peresmian UKK Imigrasi Balangan, Rabu.

Dia melanjutkan, kalau sampai terjadi hal tersebut yaitu warga Balangan melakukan pelayanan keimigrasian di luar Balangan, maka pihaknya akan mendenda kepala desa yang bersangkutan.

Setelah kurang lebih satu tahun pihaknya selaku Pemkab Balangan menawarkan kerjasama kepada Kanwil Kemenkumham Kalsel untuk membuka kantor layanan imigrasi di Balangan, maka Desember yang lalu diluncurkan layanan pembuatan paspor di kantor ini.

"Alhamdulillah akhirnya hari ini kita bersama-sama menyaksikan unit UKK Imigrasi Balangan mulai beroperasi secara penuh sesuai kapasitas kewenangannya," sebutnya.

Menurut dia, UKK Imigrasi Balangan ini tentu akan menjadi magnet yang menarik kunjungan dari daerah-daerah di sekitar hulu sungai. Pihaknya juga yakin sebagian daerah di Kalteng dan Kaltim juga akan lebih tertarik untuk mengurus paspor atau izin tinggal.

Sementara Kakanwil Kemenkumham Kalsel, Lilik Sujandi mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Balangan atas kerja kerasnya terkait keinginan untuk mendirikan UKK Imigrasi tersebut.

"Terima kasih kepada Bupati Balangan dan jajaran karena telah menyediakan gedung untuk pelayanan keimigrasian kepada warga masyarakat, khususnya di Kabupaten Balangan dan sekitarnya," ucap Lilik.

Dia menilai, pelayanan keimigrasian di Balangan ini sangat bagus karena dalam seharinya ada permintaan pembuatan paspor sebanyak 25 buah lebih banyak dibandingkan dengan kabupaten lainnya di Kalsel.

"Kami sangat yakin dengan adanya pelayanan keimigrasian di Balangan ini, tentunya akan mengangkat perekonomian masyarakat, khususnya kepada pelaku UMKM," ujarnya.

Baca juga: Imigrasi Batulicin permudah pelayanan melalui program "Eazy Pasport"
Baca juga: Kotabaru gandeng Imigrasi Batulicin permudah layanan paspor

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022