Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mengadakan pertemuan para Kader Pembangunan Manusia (KPM) dalam rangka memfasilitasi pelaksanaan integritas intervensi penurunan stunting di tingkat desa.

"Kader tersebut berasal dari masyarakat sendiri seperti kader Posyandu, Guru PAUD dan kader lainnya yang terdapat di desa," kata Kabid Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Tanah Bumbu Retno Tri Rahmawati di Batulicin Senin.

Ia mengatakan, pertemuan sekaligus peningkatan dan pembinaan KPM itu diharapkan menjadi salah satu upaya untuk mendukung peningkatan pengetahuan dan keterampilan para kader khususnya dalam hal intervensi stunting di desa masing-masing.

Khususnya KPM mampu mekaksanakan peran dan tugasnya di desa dalam menjalankan program kesehatan. KPM mampu menjalankan perannya sebagai Fasilitator Program Kesehatan di wilayah desa masing-masing.

Manfaatnya adalah tersedia KPM yang meningkat kemampuannya hingga berjalannya kegiatan Program Kesehatan di desa lokus stunting dengan difasilitasi oleh KPM Desa.

Adapun materi kegiatan pertemuan tersebut adalah, Program Kesehatan di desa dalam upaya percepatan pencegahan stunting, peran dan fungsi KPM dalam memfasilitasi konvergensi pencegahan stunting di desa utamanya melalui pemantauan sasaran rumah tangga 1.000 HPK serta perencanaan, sasaran dan pelaporan Program Kesehatan dalam upaya percepatan Pencegahan Stunting.

Kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 144 orang KPM dari berbagai desa di Bumi Bersujud.

"Angka stunting pada 2018 secara Nasional sebanyak 27 persen, pada tahun 2020 turun menjadi 18 persen," ujarnya.

Menurutnya, stuntung adalah keterlambatan pertumbuhan dibandingkan dengan usianya. Secara penelitian adalah selalu ada keterlambatan pertumbuhan fisik lambat matang, serta kecerdasannya dibawah rata-rata usia normal yang seharusnya.

"Untuk menciptakan generasi yang memiliki kemampuan untuk bersaing, maka kita mempersiapkan diri untuk berusaha menjadi orang berkualitas baik secara fisik maupun secara kecerdasan dan psikologi. Oleh karena itu stunting menjadi prioritas Nasional," ujarnya lagi.

Sedangkan ditingkat provinsi sendiri, Kabupaten Tanah Bumbu adalah salah satu daerah yang dianggap terbaik dalam menangani percepatan pencegahan stunting.

Pewarta: Sujud/Diskominfo

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022