Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA bersama PT Adaro Indonesia mengadakan pelatihan jurnalistik untuk meningkatkan kompetensi jurnalis mahasiswa Kalimantan Selatan. 

Kepala LKBN ANTARA Biro Kalsel Nurul Aulia Badar mengatakan pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut diikuti oleh lembaga pers mahasiswa dari berbagai kampus di Banjarmasin. 

"Kita punya keinginan lebih dekat lagi dengan mahasiswa. Alhamdulillah, kegiatan hari ini direspon positif oleh PT Adaro hingga dapat terlaksana seperti sekarang," ujarnya, Senin, saat pembukaan pelatihan di Banjarmasin. 

Adapun pelatihan yang diberikan, yaitu ; berita teks, foto hingga video. Sedangkan pemateri diisi oleh jurnalis LKBN ANTARA Kalsel yang sudah berpengalaman di bidangnya masing-masing. 

"Kita harapkan mahasiswa bisa menjadi sahabat ANTARA. Karena ANTARA bahkan negara membutuhkan para mahasiswa seperti yang hadir saat ini. Tidak menutup kemungkinan para mahasiswa ini kelak bergabung sebagai bagian dari ANTARA," ujarnya. 

Media Relation Secrtion Head PT Adaro Kadarisman mengatakan dukungan atas pelatihan tersebut karena pihaknya sadar bahwa para mahasiswa yang tergabung di lembaga pers kampus kelak berpotensi menjadi jurnalis profesional dari Kalsel. 

"Berbicara tentang jurnalistik tidak cukup hanya membekali mereka dengan teknik penulisan. Namun juga, soft skill itu juga penting untuk penulis, lebih awal dibekali dengan etika jurnalistik," ujarnya. 

LKBN ANTARA, kata dia, secara historis mempunyai sejarah panjang di dunia jurnalistik Indonesia.  Maka dari itu pihaknya menginginkan pengalaman dari insan pers LKBN ANTARA dibagikan kepada para mahasiswa.  

PT Adaro, sebut dia, selain bekerja sama dengan LKBN ANTARA, sebelumnya pun juga sangat mendukung penuh kegiatan pengembangan kemampuan jurnalistik di Kalsel. 

"Sering kita dukung. Kalau pelatihan-pelatihan begini saya sering memberikan tantangan kepada Adaro untuk terlibat, dengan tujuan kebaikan tadi. Bahkan proposal dari lembaga pers mahasiswa yang masuk seingat saya tidak pernah ditolak," ujarnya. 

Terkait pelatihan yang saat ini di berikan LKBN ANTARA, Kadarisman berharap, para mahasiswa dapat menyerap materi pelatihan dan segala pengalaman dari insan pers. 

"Saya berharap mereka dapat menyerap skill penulisan dan style yang LKBN ANTARA punya," ujarnya. 
 

Pewarta: Muhammad Fauzi Fadilah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022