Pelaksanaan lomba desa atau kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memasuki tahap pemaparan peserta, dan di tahun ini, Hulu Sungai Selatan (HSS) diwakili Desa Pandak Daun, Kecamatan Daha Utara.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Desa (Kades) Pandak Daun, Eddy Rahman, di Kandangan, Kamis (16/6), mengatakan pemerintah desa melalui program inovasi desa, mengharapkan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

"Pemilihan program inovasi desa harus dilakukan seksama agar bisa bermanfaat bagi penduduk desa, yang antara lain Wisata Alam dan Kalang Hadangan (Salam Kangan) dan Sistem Keamanan Desa (Simanda)," katanya.

Baca juga: 60 kades dan ketua PKK desa purna tugas awal April 2022 di HSS

Wakil TP PKK Desa Pandak Daun, Mairi Bidayanti, mengatakan terkait program kerja TP PKK Desa Pandak Daun, bagaimana menangani COVID-19 dan meningkatkan pemulihan ekonomi masyarakat di Desa Pandak Daun.

Dijelaskan dia, TP PKK Desa Pandak Daun terdiri dari 20 orang anggota. yang di dalamnya terdapat empat pengurus dan empat Kelompok Kerja (POKJA), yang beranggotakan empat orang masing-masing Pokja.

"Setiap Pokja memiliki kegiatan masing-masing yang dilaksanakan secara rutin, di antaranya memprioritaskan dalam mengembangkan PAUD yang terintegritas dengan BKB dan Posyandu," katanya.

Pemerintah desa bersama PKK desa berpartisipasi dalam hal program Desa Hijau menanam jeruk di halaman rumah warga, melaksanakan Posyandu Balita, Posyandu Lansia, Posbindu serta Penyuluhan Gerakan Sayang Ibu (GSI).

Adapun untuk lomba desa ini, merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dan hasil dicapai oleh masing-masing desa setiap tahunnya.

Penilaian meliputi bidang kewilayahan terkait identitas desa, inovasi, tanggap dan siaga bencana, pengaturan investasi.

Baca juga: Kelotok ambulan dan mobil pengangkut sampah prioritas pembangunan Daha Selatan

Dan juga meliputi bidang kemasyarakatan seperti partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan dan kesejahteraan keluarga.

Dalam penilaian ini, Plt Kades Pandak Daun dan Wakil Ketua I PKK desa menyampaikan pemaparannya kepada Tim Penilai Provinsi Kalsel, untuk potensi dan inovasi yang telah dilakukan di Desa Pandak Daun, di Ruang Media Center Setda HSS..

Turut hadir, Camat Kelurahan Kandangan Utara. H. Syamsuri, Sekretaris Desa Pandak Daun, Miftahul Huda, Wakil Ketua I TP PKK HSS, Srie Astuti Syamsuri Arsyad, anggota TP PKK Kab HSS serta instansi terkait lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022