Pemerintah Kabupaten Tabalong kini mempersiapkan diri menjadi kabupaten penyangga Ibukota Negara (IKN) Nusantara khususnya di wilayah utara 'Bumi Saraba Kawa' yang terdekat dengan perbatasan Provinsi Kalimantan Selatan - Kalimantan Timur.

"Sebagai kabupaten penyangga kita perlu meningkatkan kualitas SDM agar masyarakat Tabalong bukan sekadar penonton ," tegas Bupati Tabalong Anang Syakhfiani di Tanjung, Kamis (16/6).

Hal ini disampaikan Anang pada acara halal bihalal dan pelepasan purna tugas lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan wilayah Kecamatan Jaro dan Muara Uya.

 Untuk bisa mewujudkan SDM berkualitas tentunya harus didukung kualitas pendidikan baik sarana pendukung dan tenaga pendidiknya.

Anang pun meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat bisa memprioritaskan peningkatan kualitas sektor pendidikan di Kecamatan Jaro dan Muara Uya yang merupakan pintu gerbang IKN.

"Tingkatkan kualitas pendidikan bagi sekolah yang berada di ruas jalan provinsi agar citra Tabalong bisa terangkat," tambahnya.

Selain itu, masyarakat juga harus bisa mengubah pola pikir sehingga bisa menyesuaikam diri dengan kehadiran IKN di Provinsi Kalimantan Timur yang berbatasan dengan Kabupaten Tabalong.

Anang juga meminta dukungan para purnatugas untuk bersama-sama memajukan dunia pendidikan, termasuk pembangunan desa dan peningkatan kesejahteraan warganya.

Baca juga: Wagub Kalsel apresiasi keberhasilan Tabalong tekan stunting
Baca juga: Pelaku usaha mikro Tabalong ikuti pelatihan digital marketing
 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022