Sebanyak 160  orang Jama'ah Calon Haji (JCH)  ditambah dua petugas siap diberangkatkan seusai mendapatkan  bimbingan haji dan mendapatkan tes PCR.

"Hasil tes PCR di Lab. RT,-PCR Rumah Sakit Pambalah Batung Amuntai sudah kita ketahui, Allhamdulillah sebanyak 160 orang calon haji Hulu Sungai Utara tidak ada positif COVID-19 serta kondisi sehat Wal Afiat," ujar Nasrullah.

Nasrullah menghimbau, JCH agar selalu menjaga kesehatan, mengurangi bertemu banyak orang dan selalu menggunakan masker kalau kontak dengan orang guna pemeliharaan kesehatan. 

Khawatirnya, kata Nasrullah, jika JCH terpapar COVID-19 bakal membuyarkan impian yang selama ini ditunggu-tunggu untuk berangkat menunaikan Ibadah Haji ke Mekkah Al Mukaromah.
 
Jama'ah Calon Haji (JCH) Kabupaten HSU mengikuti Tes PCR di Laboraturium RT-PCR Rumah Sakit Pambalah Bantung Amuntai, Minggu (12/6/22). (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Beberapa hari sebelumnya, kepada  Ketua Regu (Karu) dan Ketua Rombongan (Karom) JCH Kabupaten HSU juga diberikan bimbingan haji di Aula Kantor Kemenag HSU, Rabu (8/6) diikuti tiga ketua rombongan dan 15 ketua regu dari JCH Kabupaten HSU. 

Sebanyak 160  Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten HSU yang tergabung dalam   kelompok terbang (kloter) tiga  bersama JCH Kota Banjarmasin, Kabupaten Barito Kuala dan Tapin.

Rapat persiapan pelepasan  JCH juga di laksanakan di Ruang rapat Sekretaris Daerah (Sekda) pada Kamis (9/6/2022) guna menyusun kesiapan pemberangkatannya.

Pelepasan JCH HSU akan dipusatkan di Mesjid Raya At Taqwa  Amuntai pada Selasa 14 Juni 2022 pukul 09.00 Wita. Untuk selanjutnya diberangkatkan menuju Asrama Haji Banjarmasin dan masuk asrama pukul 14.00  Wita serta diberangkatkan menuju Madinah  pukul 14.00 Wita pada 15 Juni 2022 

Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Kabupaten HSU akan menyiarkan secara live untuk ditayangkan melalui channel Kominfo TV dan live streaming di channel YouTube milik Kominfo HSU sehingga masyarakat bisa menyaksikan proses pemberangkatan JCH HSU.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji  Kabupaten HSU HSU yang tergabung dalam lintas sektor baik dari Pemerintah Daerah, Kepolisian, Satpol PP dan Kemenag berusaha memberikan pelayanan, pembinaan dan perlindungan kepada JCH selama proses pemberangkatan nanti.

Nasrullah berharap keberangkatan tahun ini berjalan lancar sehingga pada pelaksanaan ibadah haji tahun berikutnya kouta haji Kabupaten HSU dapat ditambah sehingga  jamaah calon haji berikutnya tidak terlalu lama menunggu. 

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022