Khatib Masjid Noor, Jalan Pangeran Samudera Banjarmasin, mengajak kaum Muslim atau jemaah shalat  Jumat bersyukur dan mendoakan jemaah calon haji (JCH), terutama asal Kalimantan Selatan dan lainnya.

Ajakan khatib tersebut sebelum shalat Jumat (10/6/22) dengan mimik gembira, karena selama dua tahun tidak bisa melaksanakan ibadah haji atau rukun Islam kelima, baru tahun ini (2022) sebab terganggu pandemi COVID-19.

"Kita doakan semoga JCH 1443 H/2022 M termasuk dari Indonesia dan khususnya Kalsel tetap dalam keadaan sehat wal afiat hingga kembali ke tanah air dan mendapatkan haji mabrur (yang diterima Allah Subhanahu WaTaala)," ajaknya.

Tidak ada penekanan lain dari khatib, kecuali doa buat JCH dan sekilas sejarah pelaksanaan haji pada tahun keenam hijriah, baru wajib kaum Muslim terutama bagi yang berkemampuan.

"Kemampuan itu bukan cuma dari segi keuangan atau materi, tetapi juga kesehatan, keamanan dan lainnya yang menunjang kelancaran pelaksanaan ibadah haji," demikian Khatib Masjid Noor Banjarmasin.
Suasana shalat Jumat (10/6/22) di Masjid Noor -Jalan Pangeran Samudera (pusat kota) Banjarmasin yang meluber hingga jalan raya. (Syamsuddin Hasan)

Sementara JCH Kalsel 2022 kloter pertama berangkat dari Embarkasi Syamsudin Noor Banjarmasin sebanyak 356 orang, termasuk petugas dan kesehatan haji, terjadwal mulai 12 Juni 2022.

Sebagaimana biasa tahun-tahun sebelumnya penerbangan JCH Embarkasi Syamsudin Noor Banjarmasin langsung menuju Arab Saudi, tidak seperti tahun 2003 masih ganti pesawat penerbangan dari Jakarta.

Masjid Noor Banjarmasin yang berada di tengah kota tersebut tetap jemaah shalat Jumat tumpah ruah ke Jalanan/jalan raya utama, kendati sudah renovasi hingga lantai III.

Oleh karenanya sementara pelaksanaa shalat Jumat, arus kendaraan diarahkan lewat Jalan Pasar Baru menuju Jalan Lambung Mangkurat atau RE Martadinata serta Jalan Simpang Telawang.






 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022