Penghentian siaran TV Analog atau Analog Switch Off (ASO) tahap pertama digelar 30 April 2022 yang lalu dan Kementerian Kominfo menyatakan pada ASO tahap pertama ada 3.203.854 atau 3,2 juta Set Top Box (STB) gratis TV digital akan dibagikan di 56 wilayah yang ada di 166 kabupaten/kota.

Namun, tak semua masuk daftar yang menerima bantuan STB gratis. Selain itu, yang patut diperhatikan dalam membeli STB adalah sudah rekomendasi dari Kementerian Kominfo.

"Harga STB mulai dari Rp150 ribuan, Anda sudah bisa dapat STB untuk menyaksikan siaran TV digital," kata salah seorang penjual alat elektronik di Kota Barabai Adrelani, Kamis (9/6).

Ia juga merekomendasikan sebanyak  13 STB TV digital yang bersertifikat Kominfo dan aman untuk digunakan dan Set Top Box ini dijamin kualitasnya serta tersedia di pasaran baik offline maupun online.

"Contohnya merk Akari ADS-168, Akari ADS-210, Akari ADS-2230 dan Evercross STB1," terangnnya.

Selanjutnya dikatakan dia, ada juga merk Evinix H1, Ichiko 8000HD, Matrix (Apple) dan Nexmedia (NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD). "Selain itu, STB yang murah dan kualitasnya baik yaitu merk Nextron TR 1000, Nextron NT2000-D, Polytron PDV 600T2, Tanaka T2, Venus Brio," kata Adrelani.

Ia menyebutkan, harga perangkat STB saat ini bervariasi, tergantung merek dan spesifikasi yang dipilih. "Perlu kita perhatikan adalah tanda khusus dalam kemasan STB tersebut, seperti tulisan DVB-T2, tulisan 'Siap Digital' dan Gambar Modi. Kalau tidak ada tulisan itu dikhawatirkan TV analog Anda tidak bisa menangkap jaringan TV digital," ujarnya.

Dia menuturkan, TV digital bukanlah TV streaming melalui gawai dengan koneksi internet dan TV digital juga bukan TV berlangganan lewat kabel atau satelit, TV Box atau Smart TV yang terhubung ke internet, dan TV satelit yang harus menggunakan parabola.

"TV Digital adalah televisi free-to-air dengan sistem digital. Televisi free-to-air adalah istilah TV yang tidak berbayar yang disiarkan melalui frekuensi terestrial," ungkap dia.

Adapun sejumlah kelebihan dari TV Digital yang disampaikannya adalah tidak perlu berlangganan, penerimaannya lewat antena UHF seperti TV analog, kualitas gambar dan suaranya superior, tidak berbintik atau kabur pada sinyal lemah.

Ditambahkannya, melalui TV digital, masyarakat akan mendapat manfaat berupa kualitas siaran gambar dengan resolusi tinggi dan suara yang lebih jernih.

"Tak hanya itu saja, pilihan saluran televisi yang bisa dinikmati juga tersedia lebih banyak. Masyarakat bisa menikmati manfaat tersebut secara gratis, karena proses digitalisasi penyiaran ini dilakukan pada penyiaran tetap tidak berbayar," tuntasnya.

#ASO #analogswitchoff #TVdigital #siarandigitalindonesia #ASO2022

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022