Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia -Persatuan Guru Republik Indonesia ( IGTKI- PGRI ) Kabupaten Hulu Sungai Utara  memperingati Hari Ulang Tahun ke 72 mengangkat tema 'Bangkit Guruku Maju Negeriku 72 tahun IGTKI-PGRI bersama Bergerak Membangun Generasi Emas Indonesia'.

Acara yang berlangsung di Gedung Agung Amuntai tersebut pada Rabu (8/6/22) dihadiri Wakil Ketua PKK Hj Erlian Noor Fauziah, Ketua IGTKI PGRI Provinsi Kalsel Noor Lailawari, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan HSU Jumadi dan perwakilan Kemenag HSU.

Ketua IGTKI- PGRI Kab.HSU Hj Norsehan mengatakan, pelaksanaan peringatan HUT IGTKI - PGRI ke-72 untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan guru-guru TK se Kabupaten HSU.

"Dua tahun Pandemi COVID-19 kita memperingati HUT IGTKI hanya secara online , sekarang bisa berkumpul bersama para guru dan pendidik TK" ujar Norsehan.
 
Peringatan HUT ke 72 IGTKI di Gedung Agung Amuntai, Rabu (8/6/22). (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Norsehan juga berharap peringatan HUT IGTKI bisa mempererat silaturrahim di kalangan guru TK dan PAUD menggalang kebersamaan ditengah masalah terkait kebijakan penghapusan tenaga honorer oleh pemerintah pusat.

Ia melaporkan jumlah anggota IGTKI-PGRI Kabupaten HSU 804 orang diantaranya sebanyak 580 orang berstatus PNS dengan jumlah lembaga PAUD 182 unit.

Jumlah kepala sekolah TK yang definitif hanya 60 orang sedangkan pelaksana tugas (belum definitif) kepala sekolah sebanyak 122 orang.

"IGTKI berharap kedepannya adanya pengangkatan kepala sekolah yang defenitif dan juga ada pengangkatan guru TK menjadi PNS maupun P3K," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan HSU Jumadi menekankan jika Disdikbud tengah fokus menata pembelajaran di lembaga TK dan PAUD.

"Tingkat pendidikan di Taman Kanak Kanak dan PAUD sangat penting dan mendasar untuk melahirkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas kedepan, karena daerah kita tidak memiliki Sumber Daya Alam, maka perlu dikuatkan sumber daya manusia," katanya.

Dikatakan Jumadi jika perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bisa berdampak bagi upaya pembelajaran, sehingga para guru TK dan PAUD dapat membatasi diri dalam penggunaan gadget saat mengajar.

Pada peringatan HUT tersebut, IGTKI PGRI HSU memberikan tali asih kepada guru TK yang purna tugas, bingkisan bagi Kepala Dinas Pendidikan, Kepala IGTKi Provinsi Kalsel dan Wakil Ketua TP PKK HSU serta penyerahan hadiah pemenang lomba Porseni.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022