Kepala Seksi (Kasi) Pidana Umum (Pidum) Kejari HSS, Jaksa Prihanida, mengingatkan para murid di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kandangan tentang dampak dan bahaya penyalahgunaan narkoba akan merusak mimpi dan cita-cita, serta agar menjadi pribadi berprestasi dengan menjauhi narkoba.

Ia mengatakan, saat ini narkoba ada beberapa jenis, peredarannya tidak hanya di dunia malam dan perkotaan, tetapi narkoba sudah mencapai tingkat pedesaan hingga sekolah-sekolah.

"Pernah kaka menangani perkara saat berdinas di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), narkobanya dititipkan kepada yang difabel untuk kemudian akan diambil para pelaku penyalahguna," katanya, saat menjadi narasumber penyuluhan hukum, Senin (6/6) pagi.

Baca juga: Penyuluhan hukum Kejari HSS upaya cegah dini penyalahgunaan narkoba

Dijelaskan dia, dalam kasus ini yang difabel yang dititipi barang dijanjikan mendapatkan es krim atau imbalan uang dalam jumlah kecil dan tidak seberapa, padahal diketahui dampak bahayanya narkoba serta sanksi pidananya berat.

Ia mengingatkan, agar kasus ini jangan terulang, para murid di SLBN Kandangan jangan mau dititipi barang seperti itu karena akan merusak masa depan, memisahkan dari para teman baik, saudara dan keluarga, bahkan bisa berakhir dengan kematian.

Di awal-awal biasanya mereka yang menjadi penyalahguna narkoba karena coba-coba, diberi gratis, lama kelamaan ketagihan, merugikan kesehatan, secara materi, fisik dan kejiwaan.

"Segera laporkan kepada bapa ibu guru apabila menemukan adanya penyalahgunaan narkoba, baik di sekolah maupun lingkungan sekitar, karena mencegah dan menanggulangi penyalahgunaan narkoba merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama," katanya.

Baca juga: Seminar jurnalistik Kejari HSS dan Mitra Amandit bina jurnalis muda daerah

Sesuai aturan hukum tindak pidana narkotika, sanksi hukum tidak hanya berlaku bagi mereka yang mengedar atau menggunakan. Tetapi juga bagi orang yang tahu adanya perbuatan tindak pidana tersebut tetapi tidak melaporkan, makanya perlu ada itikad baik untuk segera melaporkan.

Ditambahkan dia, salah satu cara untuk mengatasi penyalahgunaan narkoba adalah kalau ada permasalahan agar diceritakan kepada para guru atau teman, jangan dipendam sendiri sebab kalau dipendam akan pusing dan malah tergoda dengan menyalahgunakan narkoba.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022