Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan Freddy Anwar mengatakan,  bahan bakar minyak (BBM) satu harga  untuk menjamin ketersediaan energi di wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T). 

"Melalui PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading, sebagai badan usaha menjalankan penugasan pemerintah melalui program BBM satu harga mencatat hingga Mei 2022  tersedia 328 lembaga penyalur BBM satu harga di Indonesia,"ujarnya kepada sejumlah media, di Banjarmasin, Sabtu (4/6/2022).

Menurut dia, penugasan pemerintah tersebut dilaksanakan PT Pertamina dengan menanggung biaya distribusi BBM dari supply point terdekat menuju ke lokasi, sehingga harga BBM dapat setara seperti dinikmati masyarakat di kota.

Adapun sebarannya, sebut dia, 63 lembaga penyalur BBM satu harga di wilayah Papua, 56 titik di Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat, 48 titik di Maluku, 32 titik di Sulawesi, 53 titik di Sumatera, 5 titik di Pulau Jawa dan Bali, serta terbanyak 71 titik di Kalimantan. 

"Di Kalimantan sendiri 71 titik BBM satu harga tersebar di Kalimantan Utara 18 titik, Kalimantan Timur tujuh titik, Kalimantan Selatan lima titik, Kalimantan Tengah 13 titik, dan Kalimantan Barat 28 titik,"terangnya. 

Freddy Anwar juga mengatakan, pentingnya akses energi yang merata dan berkeadilan bagi semua masyarakat tanpa terkecuali. 

“Untuk itu PT Pertamina terus berjuang menjangkau masyarakat di wilayah 3T, guna mendapatkan energi berkeadilan”, tutur Freddy.

Lebih lanjut dia mengemukakan, dalam menjalan amanah penugasan dari pemerintah tersebut, PT Pertamina menghadapi tantangan yang cukup besar,  terutama terkait kondisi topografi Indonesiaterdiri dari pegunungan dan kepulauan. 

“Sehingga untuk mencapai titik 3T, harus ditempuh dengan moda transportasi darat, laut, hingga udara dan bekerjasama dengan berbagai pihak terkait”, jelasnya.

Jumlah lembaga penyalur BBM satu harga, papar dia,  merupakan komitmen PT Pertamina dalam mewujudkan energi berkeadilan bagi masyarakat Indonesia. 

“Kami akan terus memastikan distribusi dan ketersediaan pasokan bahan bakar ke SPBU BBM satu harga serta LPG berjalan dengan lancar, tepat waktu, tepat jumlah dan tepat kualitas. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan akses energi dengan harga yang terjangkau, serta turut mendorong perekonomian di daerah 3T,” pungkas Freddy.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022