Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) BKO Guspurla Koarmada II mengevakuasi penumpang kapal KM. Ladang Pertiwi 02 yang mengalami laka laut di Selat Makasar beberapa hari lalu.

"Para penumpang atau korban semuanya selamat dan saat itu juga dibawa ke Kotabaru menggunakan KRI Sultan Hasanuddin-366 dan berlabuh di Pelabuhan Pelindo III Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan," kata Komandan KRI SHN 366 Laksamana Pertama TNI Denny Prasetyo di Kotabaru Selasa.

Dia mengatakan, ada empat korban berhasil dievakuasi ke Pangkalan TNI AL Kotabaru. Pertimbangan di bawa ke Kotabaru mengingat jarak tempuh lebih dekat dengan lokasi penemuan korban. 

Kapal KM Ladang Pertiwi 02 berangkat pada 25 Mei dari Pelabuhan Koitera Makasar Pamantauang Pulau Lima sekitar 100 mil dari wilayah Pulau Laut Kotabaru.

Infomasi awal ada 43 korban yang sudah selamat, 17 orang dievakuasi oleh kapal milik masyarakat dan ada sepuluh sampai 12 korban hingga saat ini belum ditemukan.

"Hingga malam tadi masih di lakukan pencarian yang melibatkan tiga unsur yaitu KRI Malahayati, KRI Mandau dan KRI Pulau Rupat dan besok pagi akan didatangkan pesawat kasa untuk memantau kemungkinan ada korban yang bisa di selamatkan," ujarnya.

Pewarta: Aqsin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022