Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan menjalin kerjasama pendidikan dengan perusahaan yang bergerak di bidang alat berat, yakni, PT Gaya Makmur Tractors (GMT).

Direktur Poliban Joniriadi di Banjarmasin, Senin, mengungkapkan, jalinan kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama atau memorandum of understanding (MoU) pada 24 Mei 2022 di kampusnya.

Joniriadi mengaku menandatangani langsung MoU tersebut dengan pihak PT GMT yang diwakili HR dan GA Manajer PT GMT Syahriza.

Dia pun berterimakasih atas kepercayaan dari PT GMT untuk sama-sama dalam menerapkan program merdeka belajar kampus merdeka.

Adapun ruang lingkup kerjasama tidak hanya terbatas pada kuliah umum namun juga pada pemagangan mahasiswa di GMT selama 1 semester atau 6 bulan.

Demikian juga penyusunan kurikulum terapan berbasis industri, rekruitment lulusan dan benchmarking atau studi banding dosen ke PT GMT pusat.  

Menurut Joniriadi, ruang lingkup kerjasama ini dapat diperluas sesuai dengan kebutuhan para pihak karena kampus dan industri merupakan dua pilar yang saling mendukung dalam pembangunan manusia Indonesia Unggul. 

Sementara itu, pihak PT GMT Syahrizal menyatakan, kerjasama dengan Poliban sebagai bentuk partisipasi aktif atas program merdeka belajar kampus merdeka.

"Selain juga kemudahan mencari SDM tenaga kerja yang kompeten sesuai dengan kualifikasi perusahaan," ujar Syahriza.

Pada penandatangan kerjasama itu dihadiri oleh seluruh Wakil Direktur, Ketua Jurusan, Bagian Kerjasama serta mahasiswa di lingkup Poliban.

Syahrizal memberikan kuliah umum tentang persiapan menjadi seorang karyawan (melamar kerja) dan sharing sessions yang disampaikan Edi Kuswanto, selaku Servis Manager GMT kepada dosen Prodi alat berat untuk pengembangan bahan ajar praktik.
Politeknik Negeri Banjarmasin dan PT GMT jalin kerjasama pendidikan.(Antara/HO)



 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022