Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Kalimantan Selatan menargetkan dapat mempertahankan prestasi sebagai juara mahasiswa berprestasi tingkat wilayah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) XI Kalimantan tahun 2022.

"Selain mempertahankan mahasiswa berprestasi di tingkat wilayah, saya juga mengharapkan mahasiswa ULM kembali masuk 10 besar di tingkat nasional," kata Rektor ULM Prof Sutarto Hadi di Banjarmasin.

Untuk menuju ajang di tingkat wilayah, ULM sebagai perguruan tinggi negeri terbaik di pulau Kalimantan terakreditasi A memulainya tahun ini dengan mengadakan kompetisi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat universitas yang sebelumnya telah terseleksi di tingkat fakultas.

Ada sebanyak 22 mahasiswa peserta Pilmapres tingkat universitas tahun ini, masing-masing fakultas mengirimkan dua perwakilannya.

Untuk lebih meningkatkan bobot penilaian, ULM menghadirkan dewan juri dari luar yaitu Balitbang Daerah Kalimantan Selatan untuk menilai dalam kategori gagasan kreatif. Kemudian TNI untuk materi wawasan kebangsaan.

 “Dengan bervariasinya dewan juri ini, kita berharap terpilih mahasiswa yang benar-benar terbaik dari yang terbaik," jelas Sutarto.
Sebanyak 22 mahasiswa peserta Pilmapres tingkat universitas mengikuti seleksi. (ANTARA/Firman)


Diketahui tahun lalu wakil ULM atas nama  Khairullah bisa mencapai prestasi 10 besar tingkat nasional setelah menjadi yang terbaik di tingkat Kalimantan.

Diakui Sutarto, persaingan di tingkat nasional tentu tidak akan mudah. Namun dia optimis perwakilan ULM bisa tampil optimal menunjukkan kemampuan terbaik mereka di depan dewan juri yang pemenangnya akan diundang presiden tampil di Istana Negara Jakarta.

Baca juga: ULM siap raih medali di ajang KNMIPA-PT 2022
Baca juga: Enam mahasiswa ULM terima IISMA kuliah di perguruan tinggi top dunia
 

Pewarta: Firman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022