Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Banjarbaru, Windi Novianto meminta pemerintah kota lebih matang mempersiapkan proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP.
 
"Pemkot Banjarbaru, dalam hal ini Dinas Pendidikan, harus serius dan mempersiapkan secara matang PPDB, sehingga tidak menimbulkan masalah," ujarnya saat diminta komentar terkait PPDB, Sabtu.
 
Menurut politisi muda PDIP itu, pelaksanaan PPDB tingkat SMP mengedepankan azas objektif, transparan, akuntabel dan tanpa diskriminasi sehingga tidak sampai menimbulkan gejolak.
 
Ditekankan, persiapan PPDB harus dilakukan sejak awal apalagi proses pelaksanaan lewat dalam jaringan (online) sehingga segala sesuatu wajib dipersiapkan agar tidak terjadi gangguan di tengah penerimaan.
 
"Proses PPDB lewat jalur online, sehingga harus disiapkan matang dengan 4 jalur, yakni zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua, serta jalur prestasi. Semuanya harus disosialisasikan," pesannya.
 
Diharapkan pula, seluruh SMP yang ada di Kota Banjarbaru, yakni 14 SMP dengan status negeri dan 10 SMP swasta, bisa mencukupi daya tampung 115 rombongan belajar yang diperkirakan mendaftar.
 
"Kami berharap, seluruh murid SD yang siap melanjutkan sekolah ke SMP tertampung semuanya, karena mereka memiliki hak yang sama untuk bersekolah sehingga masa depannya lebih baik," katanya.
 
Baca juga: Wawali minta pemuda Banjarbaru berkontribusi dalam pembangunan
Baca juga: Ketua DPRD dorong pemkot perbaiki catatan BPK

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022