Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan jamaah haji di Embarkasi Banjarmasin, Kalsel menyiapkan salah satunya menu gangan asam bagi calon jamaah haji (CJH).

Selain gangan asam, Garuda Indonesia juga menyiapkan nasi kuning dan abon, demikian yang pamerkan pada kegiatan meal test  makanan jemaah haji di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, Jumat.

Menu masakan tersebut merupakan khas makanan Banjar, di mana pameran menu makanan untuk CJH Kalsel 2022 tersebut disambut baik oleh Gubernur Kalsel melalui Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar.

Didamping Kepala Kanwil Kementerian Agama Kalsel Dr H Muhammad Noor Fahmi dan petinggi maskapai Garuda Indonesia, Roy meminta kepada catering maskapai agar dapat memperhatikan kualitas makanan CJH selama berada di dalam pesawat.

"Saya mengharapkan kiranya catering yang ditetapkan oleh maskapai penerbangan, senantiasa memperhatikan tentang kecukupan gizi, sesuai standar penerbangan internasional," ujar Roy usai memeriksa makanan bagi CJH.

Menurut dia, makanan yang disiapkan harus dmengandung vitamin, mineral dan karbohidrat yang cukup, sehingga menjadi sumber energi yang dapat mendukung bagi kelancaran dan kesempurnaan ibadah haji yang akan dilaksanakan.

Roy mengakui jenis makanan disiapkan oleh catering penerbangan saat meal tes tersebut terbilang enak dan memenuhi standar kualitas gizi serta memperhatikan kesesuayan menu makanan yang ada di daerah Kalsel Seperti nasi Kuning, abon dan gangan asam. 

"Untuk sekarang makanannya enak dan berkualitas, tapi saya minta jangan cuma saat meal test ini saja yang enak menunya," katanya.

Sebelumnya, Roy melantik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin tahun 1443 H / 2022 M di Gedung Zabal Rahmah UPT Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin.

Roy mengajak kepada PPIH Embarkasi Banjarmasin untuk bersama sama sosialisasikan kepada CJH, untuk benar-benar memperhatikan asupan makanan yang sehat dan higienis, sehingga tidak menyebabkan gangguan atau menjadi kendala dalam melaksanakan ibadah haji.

"Upayakan secara maksimal agar CJH mendapatkan pelayanan yang terbaik, semoga Allah SWT memberikan kemudahan dalam penyelenggaraan ibadah haji di Provinsi Kalsel," ujarnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, kelompok terbang (Kloter) haji provinsi Kalsel mulai diberangkatkan pada 12 Juni 2022 dengan kuota haji sebanyak1.743 orang.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022