Pelaksana tugas Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) meyakini kegiatan inovasi daerah bertujuan memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan publik.

"Masyarakat bisa lebih mudah, cepat, aman dan nyaman memperoleh pelayanan publik, sehingga menunjang kesejahteraan masyarakat dan kemajuan pembangunan di daerah," ujar Husairi di Banjarbaru, Selasa (17/5/22).

Husairi, yang mengikuti sosialisasi inovasi daerah yang dilaksanakan Bapelibang Kalsel di Aula Idham Chalid Banjarbaru,  mengatakan kerja sama antar pemerintah daerah diperlukan dalam proses pengembangan inovasi daerah melalui pemanfaatan kemajuan teknologi saat ini.

Kepala Balitbangda Kalimantan Selatan Muhammad Amin mengatakan, inovasi daerah adalah semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah dengan tujuan peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan. 

Lebih lanjut dijelaskan, sasaran inovasi daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui pelayanan publik dan pemberdayaan serta peran serta masyarakat meningkatkan daya saing daerah.

Dia menyampaikan bahwa pada penilaian Innovatife Government Award (IGA) 2021 ditemukan masih ada lima kabupaten/kota yang berpredikat kurang inovatif. 

"Tentunya masih banyak yang perlu dilakukan agar seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Selatan memiliki predikat inovatif dan sangat inovatif pada penilaian IGA ke depan," katanya.

Menurut Amin, perlunya kerjasama kolaboratif dan transfer ilmu berbasis riset antar Bapelitbang di Kalimantan Selatan menjadi hal penting untuk dilaksanakan.

Selain itu, menurutnya, penting dibentuk tim kerja pembina inovasi daerah untuk koordinasi dan penginputan data inovasi daerah ke dalam aplikasi indeks inovasi daerah di setiap wilayah

"Seringkali proses inovasi daerah telah berjalan tapi sangat minim dokumentasi dan administrasi pendukungnya, sehingga berpengaruh pada nilai informasi dan tingkat kematangan inovasi yang diluncurkan," paparnya.

Sementara, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali mengatakan, untuk mendukung peningkatan inovasi daerah, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan akan melaksanakan lomba inovasi di setiap SKPD, minimal membuat satu inovasi.

"Kita berikan penghargaan kepada teman-teman SKPD yang inovasinya cukup bagus. Demikian juga dengan lomba inovasi untuk kabupaten/kota, kita akan lombakan jenis inovasi yang bisa memudahkan masyarakat dan meningkatkan pelayanan publik," katanya.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022