Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) terus bergerak mendorong percepatan swasembada daging, salah satunya dengan menjamin ketersediaan pakan ternak yang berkualitas melalui program irigasi perpompaan.


Tim dari Disbunnak Kalsel, Kamis (12/05), melakukan survei terhadap lokasi irigasi perpompaan yang berada di Desa Mangunang Seberang, Kecamatan Haruyan, Hulu Sungai Tengah.


Dalam kegiatan tersebut dilakukan pengecekan terhadap sumber air serta lahan yang akan digunakan untuk penerapan program irigasi perpompaan.


Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel Suparmi menjelaskan, melalui program irigasi perpompaan diharapkan dapat memenuhi ketersediaan hijauan pakan ternak yang berkualitas, guna meningkatkan produktivitas daging asal ternak di Kalimantan Selatan.

(Antara/Istimewa)


Sebelumnya, Disbunnak Kalsel menyampaikan data perkembangan capaian kumulatif Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (SIKOMANDAN) Provinsi Kalimantan Selatan, untuk periode 1 Januari s.d. 9 Mei 2022, yaitu angka akseptor mencapai 12.910 ekor dari target 35.000 ekor.


Sementara itu untuk angka bunting terealisasi 41, 18 persen, atau mencapai 10.088 ekor dari target 24.500 ekor.

Sedangkan angka Lahir mencapai 43,29 persen atau sebanyak 9.545 ekor dari target 22.050 ekor.
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022