Sebanyak 3.019 penumpang kapal laut telah melintas di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan, hingga H+5 Lebaran atau terhitung sampai Minggu hari ini.

"Angkutan arus balik telah terjadi tiga kali yaitu pada Jumat (6/5), Sabtu (7/5) dan hari ini dengan total penumpang 3.019 orang," kata Kepala Posko Terpadu di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Capt Maltus Jackline, Minggu.

Untuk jumlah penumpang tertinggi terjadi hari ini pada KM Dharma Rucitra I dari operator PT Dharma Lautan Utama (DLU) mengangkut 1.119 orang terdiri atas 902 orang yang datang ke Banjarmasin dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan 217 orang berangkat ke Surabaya.

Selain penumpang orang, hari ini ada 120 unit kendaraan dengan 35 sopir dan kernet tiba di Banjarmasin. Sedangkan untuk keberangkatan menuju Surabaya 65 unit kendaraan dengan 76 sopir dan kernet.

Maltus menyebut untuk hari-hari berikutnya diprediksi masih akan terjadi lonjakan penumpang arus balik, terutama yang datang ke Banjarmasin.

Hal itu berdasarkan jumlah penumpang kapal laut saat arus mudik Lebaran lalu mencapai 17.673 orang terdiri atas 12.687 orang yang berangkat dari Banjarmasin tujuan Surabaya dan 4.986 orang pemudik tiba di Banjarmasin dari Surabaya.

Untuk itulah, Posko Terpadu Angkutan Lebaran di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin yang dikomando Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin selaku regulator beroperasi hingga 18 Mei 2022 sesuai prediksi puncak arus balik. 

Selain petugas gabungan TNI-Polri, Pelindo dan KSOP, ada juga kapal patroli KN Jembio P.215 yang diawaki 21 kru dari Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas I Tanjung Priok, Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) bersiaga mengamankan perairan Kalimantan Selatan sejak arus mudik lalu hingga berakhirnya arus balik.

Baca juga: Arus Balik - 8.192 pemudik kembali ke Kalsel lewat Bandara Syamsudin Noor
Baca juga: ARUS BALIK - Arus balik H+5 padat lancar
Baca juga: Arus balik H+6 di Terminal Gambut Barakat Kalsel masih ramai

Pewarta: Firman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022