Arus balik jalur Hulu Sungai menuju Banjarmasin di kawasan Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) terpantau masih normal dan lancar dan tidak ditemukan kendala yang mengganggu arus lalu lintas.

PPNS Satpol PP dan Damkar HSS, Erwin, di Kandangan, Sabtu (7/5), mengatakan tidak ada kemacetan berarti, maupun penumpukan kendaraan roda dua dan empat.

"Arus lalu lintas Hulu Sungai-Banjarmasin dan sebaliknya masih dalam keadaan aman, serta lalu lintas lancar," katanya, yang bertugas di Pos Pelayanan Lebaran di Bundaran Hamalau, Kecamatan Sungai Raya.

Dijelaskan dia, selain di Bundaran Hamalau, arus mudik di Tugu Dodol, Simpang Lima, Muara Banta, Muara Sangkuang Gambah Luar Muka Kecamatan Kandangan juga terpantau lancar tanpa ada kendala.

Baca juga: Arus Mudik - Polres HSS dirikan posko pantau arus mudik di tiga titik strategis

Kasat Lantas Polres HSS, Iptu Nur Awaluddin Natsir, mengatakan pemudik harus mewaspadai jalur-jalur rawan kecelakaan, yakni di Angkinang, Sungai Raya, dan wilayah dalam Kota Kandangan.

"Kami sudah melakukan imbauan bagi para pemudik, seperti melalui spanduk sudah kami pasang di wilayah rawan kecelakaan," katanya.

Menurut dia, untuk mengantisipasi kenaikan jumlah arus balik lebaran Idulfitri tahun 2022, Satlantas Polres HSS melaksanakan razia giat simpatik keselamatan.

Apabila terjadi peningkatan di dalam Kota Kandangan, pihaknya akan mengalihkan jalur pemudik melalui jalan Bypass, kemudian mobilitas angkutan berat juga dibatasi.

Baca juga: Gema takbir HSS dengan pembagian zona berjalan lancar dan tertib

Satlantas Polres HSS juga telah memasang sejumlah rambu-rambu di jalur Kandangan-Loksado, guna menghindari bencana longsor bagi para wisatawan yang berkunjung di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Loksado.

"Insya Allah aman, titik longsor sudah kami amankan bersama instansi terkait, sudah dipasang papan imbauan sebelum lokasi rawan longsor," katanya.

Kasi Humas Polres HSS  Ipda Purwadi menambahkan, hingga siang hari ini tidak ada peningkatan yang signifikan arus balik lebaran di wilayahnya, secara umum memang ramai namun tetap lancar.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022