Menjelang lebaran 1443 hijriah tahun 2022, Kepolisian Resort (Polres) Hulu Sungai Selatan (HSS) mendirikan sejumlah posko selama 12 hari untuk memantau arus mudik di wilayahnya.

Posko pantau tersebut berada di tiga titik strategis, yakni di depan Kantor UPT Samsat Kandangan, Bundaran Hamalau, Kecamatan Sungai Raya, untuk Posko Pelayanan, sementara di depan Kantor Kecamatan Angkinang dan di Kecamatan Loksado merupakan pos pengamanan.

'Posko pantau gabungan didirikan bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS dan Kodim 1003/HSS dimaksudkan untuk pengamanan sebelum dan sesudah pelaksanaan Idul Fitri," kata Kapolres HSS, AKBP Sugeng Priyanto, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pemkab HSS terus dukung pembiayaan hibah anggota Bintara Polda

Dijelaskan dia, total keseluruhan personil gabungan yang diterjunkan berjumlah 96 orang, meliputi unsur dari jajaran Polres HSS, Kodim 1003/Kandangan, Satpol PP, Dinas Kesehatan, serta Dinas Perhubungan.

Tugas personil memantau arus mudik dan arus balik pengendara yang melintas di wilayah Kabupaten HSS. Selain itu, pihaknya memastikan agar arus lalu lintas bisa lancar dengan mengurangi kemacetan maupun antisipasi jika terjadi tanah longsor di wilayah pegunungan.

Pihaknya memperkirakan arus lalulintas Banjarmasin-Hulu Sungai akan meningkat, hal ini karena sudah lama banyak warga tidak melaksanakan mudik.

Baca juga: Harga bahan pokok HSS terpantau stabil jelang Idul Fitri

Arus mudik di Kabupaten HSS diperkirakan akan mengalami peningkatan dibandingkan dua tahun sebelumnya, yang terhalang lantaran pandemi COVID-19 dengan pembatasan kegiatan masyarakat termasuk untuk mudik hari raya.

Selain mendirikan posko, Polres HSS bersama Kodim 1003/HSS dan Satpol PP melaksanakan patroli pemantauan di lingkungan permukiman warga.

"Kita ingin memastikan warga aman dan sehat selama pelaksanaan Idul Fitri, dan kami mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati menjaga keselamatan dalam berkendara," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022