Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Polresta Banjarmasin berencana akan memberlakukan tiga ruas jalan di wilayah kota setempat menjadi kawasan malam bebas kendaraan atau "Car Free Night" pada malam pergantian tahun, Kamis (31/12).


"Kemungkinan akan kami berlakukan malam bebas kendaraan di beberapa ruas jalan karena diperkirakan akan terjadi kemacetan di malam tahun baru," ucap Kasat Lantas Polresta Banjarmasin AKP Tuschad CH Sik di Banjarmasin, Sabtu.

Ia mengatakan, empat ruas jalan yang nantinya pada malam tahun baru bebas akan kendaraan itu di antaranya Jalan Jendera Sudirman, Jalan Lambung Mangkurat dan Jalan Piere Tandean.

Bukan itu saja, Satlantas Polresta Banjarmasin juga akan melakukan penutupan dan pengalihan arus saat malam tahun baru nantinya.

Menurut perencanaan ada sekitar sebelas titik jalan yang nantinya dilakukan penutupan guna membelah dan mengantisipasi kemacetan yang terjadi di malam tahun baru itu.

Sebelas titik jalan yang dilakukan penutupan itu di antaranya simpang empat Jalan Lambung Mangkurat di mulai dari Jalan Pangeran Samudera, Jalan Merdeka tepatnya depan rumah dinas Kapolda Kalsel.

Selanjutnya, Jalan Veteran tepatnya di simpang Kampung Gadang, dan nantinya juga dilakukan pengalihan arus atas penutupan beberapa ruas jalan itu.

Tuschad terus mengatakan, alasan pihaknya melakukan sistem tersebut dikarena malam tahun baru jatuh pada malam Jumat di mana setiap malam tersebut tempat hiburan malam tutup.

Karena tutup itu, masyarakat akan banyak menghabiskan malam tahun baru beramai-ramai turun ke jalan dan tingkat kemacetan akan meningkat sehingga perlu strategi mengatasinya.

"Car Free Night itu akan kami berlakukan pada Kamis (31/12) malam dimulai sekitar pukul 19.30 Wita hingga pukul 01.30 Wita," ujar pria lulusan Akpol angkatan 2004 itu. 

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015