Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan melaporkan keberangkatan pemudik di Terminal Kilometer 6 Banjarmasin berlangsung lancar.

Kepala UPT Terminal Tipe B km-6 Banjarmasin Dishub Kalsel Tommy Hariadi, Sabtu di Banjarmasin, menyatakan, semua penumpang ke berbagai jurusan terangkut.

Menurut dia, kedatangan penumpang untuk mudik ke berbagai jurusan tetap tinggi pada hari ini.

"Semakin sore meningkat hampir sama dengan kemarin," ujarnya.

Namun, kata dia, situasinya berbeda dari hari sebelumnya. (29/4/2022). Kemarin sejak pagi ramai, namun hari ini penumpng berdatangan di atas pukul 12.00 Wita.

"Tapi masih banyak hari kemarin, puncaknya kemarin itu," ucap Tommy.

Menurut dia, kedatangan penumpang hari ini melebihi seribu dari semua jurusan, baik untuk Antarkota Antarprovinsi (AKAP) maupun Antarkota Dalam Provinsi (AKDP).

Adapun untuk AKDP, kata dia, jumlah kendaraan umum yang berangkat membawa penumpang, baik jenis L300 maupun bus sedang mencapai 40 unit.

Jurusan AKDP ini, kata dia, yakni Banua Enam meliputi Tapin, Kandangan, Barabai, Amuntai, Tanjung dan Balangan.

Jurusan AKDP lain adalah Pelaihari, Batulicin dan Kotabaru, total memberangkatkan penumpang ratusan orang.

Sama halnya dengan jurusan AKAP, yakni, tujuan Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) dan tujuan Palangkaraya atau Sampit, juga Tamiyang Layang hingga Buntok, Kalimantan Tengah, total memberangkatkan ratusan penumpang.

"Jadi perkiraan kita seperti kemarin lebih 1.000 penumpang hari ini berangkat dari terminal km 6 untuk semua jurusan baik AKAP maupun AKD," ujarnya.

Sejauh ini, kata dia, tidak ada kendala berarti terhadap kelancaran pemudik berangkat ke kampung halaman untuk berlebaran Idul Fitri 1443 hijriah, semuanya terangkut hingga malam ini.

"Jadi kita laporkan semua lancar terkendali," ujar Tommy.

Baca juga: Arus mudik- Terminal KM-6 Banjarmasin mulai kedatangan seribuan penumpang mudik
Baca juga: ARUS MUDIK - Bandara Syamsudin Noor dilintasi 7.918 pemudik pada H-2 Lebaran

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022