Banjarmasin,  (AntaranewsKalsel) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banjarmasin, mengerahkan personel guna melakukan penjagaan dan pengamanan terhadap 22 gereja di wilayah kota setempat.


"Penjagaan terhadap tempat ibadah umat kristiani itu untuk mengantisipasi adanya perbuatan yang tidak diinginkan," ucap Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Wahyono di Banjarmasin, Senin.

Ia mengatakan, untuk teknik penjagaan terhadap 22 gereja di wilayah Banjarmasin, saat ini sedang disusun oleh pihaknya.

"Kami sedang menyusun teknik pengamanan gereja mengingat saat ini banyak momen yang berdekatan dengan hari Natal contohnya Maulid Nabi Muhammad SAW12 Rabiul Awal bertepatan dengan 24 Desember 2015," tuturnya.

Terus dikatakannya, untuk hari Natal jatuh pada 25 Desember 2015, satu hari setelah Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kapolresta Banjarmasin mengatakan pihak juga akan melaksanakan operasi Lilin Intan 2015 dengan dua sasaran kegiatan.

Pertama, kegiatan ibadah Natal 2015, kedua yakni kegiatan tahun baru 2016, meliputi malam pergantian tahun 2015 ke 2016.

"Ini masih di koordinasikan dengan FKUB, MUI dan Kemenag. Jumlah gereja ada 22 yang tentunya akan dijaga, dan kami juga akan melibatkan pemuda muslim dan pemuda kristiani dalam penjagaan nantinya" katanya.

Untuk pengamanan gereja yang ada di Banjarmasin itu nantinya akan dijaga oleh petugas polisi dengan bersenjata lengkap.

"Kami juga akan menggandeng para pemuda gereja dan para pemuda muslim untuk bersama-sama dan membantu menjaga gereja begitu juga sebaliknya, intinya kami ciptakan keharmonisan," ujarnya.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015