Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Banjarmasin Ikhsan Al-Haq menyatakan, pihaknya tengah memperbanyak mencetak buku-buku sejarah, budaya hingga kuliner dari penulis lokal.

"Banyak buku-buku dari penulis lokal di Banjarmasin ini, tapi mereka tidak bisa memperbanyak, di sinilah kita mau masuk membantu mereka," ujarnya di Banjarmasin, Kamis.

Ikhsan yang belum lama menjabat Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Banjarmasin itu pun menyatakan sudah menyampaikan rencana ini ke Komisi 1 DPRD Kota Banjarmasin saat rapat pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Banjarmasin tahun 2021.

Menurut dia, buku-buku yang dibantu diperbanyak cetaknya tersebut berkaitan dengan karangan sejarah, budaya, adat istiadat dan kuliner yang berkaitan dengan Kota Banjarmasin sebagai kota yang sudah berusia 495 tahun.

"Sementara ini kita kumpulkan sekitar 30 sampel buku yang perlu diperbanyak cetaknya," papar Ikhsan.

Menurut dia, pihaknya pun akan menggandeng pihak swasta seperti melalui penyaluran dana CSR untuk membantu memperbanyak cetak buku-buku karangan para pengarang lokal ini.

Disampaikan dia, distribusi buku-buku ini nantinya bisa ke sekolah-sekolah dan instansi pemerintah.

"Bisa jadi suvenir daerah kita, biasanya kan memberi plakat jika ada tamu, alangkah baiknya kalau buku saja, lebih bermanfaat," tuturnya.

Ikhsan pun menyebutkan, seperti buku Banjarmasin Tempo Dulu atau tentang Seribu Sungai Kota Banjarmasin, tentunya lebih menarik bagi orang luar yang ingin mengetahui sejarah Kota Banjarmasin.

"Kita ingin menggandeng pemerintah provinsi juga, kan perpustakaan milik provinsi itu sampai ke pelosok-pelosok jangkauannya," kata Ikhsan.

Ketua Komisi I DPRD Kota Banjarmasin HM Faisal Hariadi mendukung langkah Dispustarda Kota Banjarmasin untuk memperbanyak buku-buku karangan penulis lokal.

Menurut dia, ini harus dilakukan agar perkembangan dunia penulis di daerah ini bisa maju, karya mereka dihargai di masyarakat, juga dapat perhatian dari pemerintah daerah.

"Intinya kita dukung, bahkan dari segi persetujuan anggaran," ujar politisi PAN tersebut.

Baca juga: Pemkot Banjarmasin gelar worshop peningkatan iptek pemuda
Baca juga: Pemkot ajak komunitas FKH hijaukan Kota Banjarmasin
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022