Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah setempat untuk pengembangan institusi, peningkatan mutu pendidikan, dan peningkatan kualitas program kerja kedua pihak.

Kepala SMK Negeri 1 Amuntai Marzuki, Selasa (5/4), mengatakan kebijakan sekolah menjalin kerja sama dengan pemda merupakan arahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Kerjasama ini dalam rangka menindaklanjuti arahan dari Kemendikbud RI bahwa setiap SMK harus melaksanakan kerjasama dengan pemerintah daerah masing-masing," ujar Marzuki.

Marzuki mengatakan kerja sama meliputi pembahasan dan sinkronisasi kurikulum SMK, pemagangan guru dan guru tamu, praktik kerja industri peserta didik SMK, uji kompetensi keahlian, dan pembelajaran praktik dan sosialisasi dan pelaksanaan program kedua belah pihak.

Penandatanganan nota kerjasama dilakukan oleh Plt Bupati HSU H Husairi Abdi dan Kepala SMK Negeri 1 Amuntai, Marzuki di ruang rapat Setda HSU, Selasa (5/4/2022).

Marzuki berharap dengan penandatangan kerja sama ini jajaran Pemkqb HSU bisa bekerjasama di bidang sinkronisasi kurikulum.

"Kurikulum di SMK fleksibel tergantung dengan apa yang diinginkan oleh dunia usaha dan industri, termasuk pemerintah daerah, maka kita susun bersama kurikulum SMK ke depan," terangnya. 

Plt Bupati HSU mengapresiasi upaya kerja sama di bidang pendidikan, karena pembangunan sektor pendidikan merupakan salah satu prioritas pembangunan, di samping sektor  pertanian, perdagangan dan jasa.

"Pembangunan bidang pendidikan selalu mendapat perhatian dari pemerintah daerah, sehingga perlu kerja sama semua pihak terkait untuk memajukannya," katanya.

Husairi berharap pengembangan kurikulum semakin bagus untuk menjawab kebutuhan masyarakat, pemerintah dan dunia usaha, agar siswa SMK bisa langsung dapat bekerja, baik bekerja secara mandiri maupun bekerja di bidang usaha milik orang lain.

Turut hadir  menyaksikan penandatanganan kerjasama Plt Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Khairussalim, Kabag Humas dan Protokol Muhammad Arifil,  Kabag Umum Rahman Heriadi serta Dewan Guru SMKN 1 Amuntai. 

Baca juga: Hulu Sungai Utara raih predikat B penilaian SAKIP
Baca juga: Desa Kapul dinobatkan jadi Kampung Pancasila
Baca juga: Momentum Ramadan, Lapas selenggarakan ta'mir bagi warga binaan
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022