Desa Masingai II Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong dicanangkan ebagai Kampung Pancasila guna mendukung pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran.

Pencanangan oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani didampingi Dandim 1008/Tabalong Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja, Rabu (7/4) di Gedung Kesenian Desa Masingai II.

“ Pancasila sebagai dasar negara kita juga menjadi pemersatu bangsa dan pencanangan Kampung Pancasila  ini bagian
ikhtiar besar kita untuk tetap kembali ke suasana yang nyaman," ungkap Anang.

Anang pun meminta Kepala Desa bisa menerapkan keanekaragaman sebagai kekuatan dalam membangun untuk wujudkan suasana yang rukun dan damai dalam persatuan dan kersatuan bangsa.

Dandim 1008/Tabalong Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja mengatakan pencanangan Kampung Pancasila ini bukan hanya seremoni belaka namun sebagai titik tolak untuk melanjutkan kegiatan tentang pengamalan Pancasila dengan betul-betul menerapkan sila-sila dan butir-butir Pancasila yang ada.

“Kampung Pancasila bertujuan agar Pancasila tetap lestari dan kemudian Pancasila tetap menjadi dasar negara dan pada prinsipnya diamalkan dan di terapkan dalam kehidupan sehari hari," tegas Dhuwi.

Dalam pencanangan Kampung Pancasila ini hadir pula Kapolres Tabalong AKBP Reza Mutaqin, Kepala Badan  Kesbangpol Achmad Rahadian Noor, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Haruai dan Upau, perwakilan KNPI, Kepala Adat k Kampung 10 Saparin, Ketua Persit KCK cabang XXXI Dim 1008/Tabalong Dhevi Dhuwi Hendradjaja dan Pengurus.

Selanjutnya keberadaan kampung Pancasila ini tentunya dapat mewujudkan kehidupan yang harmonis, dinamis dan menciptakan situasi yang nyaman dalam berkehidupan bertetangga, berkerja dan sebagainya dan bukan hanya berhenti disini peresmian tetapi ini dapat berjalan terus menerus baik sifatnya fisik maupun non fisik

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022