Pemerintah Daerah Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mengusulkan pembangunan instalasi tera ukur mobil tengki pengangkut BBM  ke Kementerian Perdagangan RI sebagai upaya peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) melalui metrologi legal.

"Anggaran yang kami usulkan melalui dana alokasi khusus (DAK) periode 2022 sebesar Rp2,7 milyar, semoga usulan itu dapat segera terealisasi," kata Kepala DKUMP2 Tanah Bumbu H. Deny Haryanto melalui Kepala Bidang Perdagangan H. Hariansyah di Batulicin Selasa.

Ia menjelaskan, target PAD tahun 2021 yang di kelola oleh DKUMP2 Tanah Bumbu Rp150 juta, terealisasi sebesar Rp200 juta.

Untuk tahun 2022 targetnya Rp150 juta dan hingga saat ini sudah terealisasi sebesar Rp32 juta, artinya dengan wacana dimiliki instalasi tera alat ukur mobil tengki dapat meningkatkan PAD yang lebih tinggi dari target yang ditetapkan.

Sambil menunggu usulan tersebut disetujui oleh pihak kementerian, pemerintah daerah juga akan menganggarkan melalui APBD perubahan 2022 untuk pembangunan instalasi tersebut. Periode 2023 pemerintah daerah akan menganggarkan dana untuk pembelian alat tera ukur tangki BBM.

"Di Tanah Bumbu ada sekitar 350 unit mobil tangki yang mengangkut BBM, dari jumlah tersebut sangat berpotensi untuk meningkatkan PAD melalui metrologi legal," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022