Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - PT PLN Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah menyiapkan puluhan generator set untuk mengantisipasi pemadaman listrik selama pemilihan kepala daerah di dua provinsi itu.

"Puluhan genset sudah kami bagi dan pinjamkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan," kata General Manager PT PLN wilayah Kalselteng Purnomo di Banjarbaru, Jumat.

Ia mengatakan, jumlah genset yang dipinjamkan sebanyak 80 buat dan diserahkan kepada PPK yang tersebar baik di Kalsel maupun di Kalsel dalam rangka persiapan pilkada serentak.

Dijelaskan, puluhan genset dengan kapasitas 2.700 VA itu dipinjamkan kepada PPK yang belum memilikinya selama masa pilkada yang waktunya bisa mencapai satu bulan.

"Gensetnya kami pinjamkan pada PPK yang masuk wilayah kritis listrik sehingga jika ada pemadaman bisa langsung digunakan. Waktu pinjam selama proses pilkada," ucapnya.

Menurut dia, kondisi seluruh genset yang dipinjamkan baik dan siap untuk dioperasionalkan sehingga jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman bisa langsung digunakan.

"Petugas kami sudah mengecek setiap genset dan kondisinya baik sehingga bisa digunakan setiap saat apabila terjadi pemadaman aliran listrik," ujarnya.

Dikatakan, pinjaman puluhan genset bagi PPK itu sebagai bentuk partisipasi PT PLN Kalselteng dalam menyukseskan pilkada serentak baik di Kalsel maupun di Kalteng.

"Kami berupaya mengantisipasi pemadaman dan tidak melakukan kegiatan atau perbaikan satu hari menjelang pemungutan suara agar tidak ada pemadaman," kata dia.

Ditambahkan, meski pun tidak bisa menjamin adanya pemadaman listrik terutama gangguan jaringan atau faktor lain, pihaknya terus berupaya mengantisipasi.

"Petugas PLN baik di tingkat rayon, ranting hingga cabang disiagakan sehingga jika terjadi pemadaman bisa segera dicari penyebabnya dan diperbaiki," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015