Muhammad Rifaldi Rahman dan Norhasina terpilih dan dinobatkan sebagai Putra dan Putri Pariwisata Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Tahun 2022 pada grand final yang berlangsung pada Sabtu (26/3) malam di Pendopo bupati setempat.

Muhammad Rifaldi Rahman merupakan seorang guru TK/TP Al-quran di Komplek Murakata Indah Barabai, sedangkan Norhasina berprofesi sebagai Guru Honorer Mata Pelajaran Geografi di Madrasah Aliyah Al Muhajirin Pemangkih.

Mereka terpilih dari 12 finalis yang masuk grand final dan dinilai langsung oleh lima dewan juri yaitu Plt Sekda HST yang juga Kepala Disporabudpar Muhammad Yani, Ketua PKK HST Cheri Bayuni Budjang, Wakil Dewan Kesenian HST M Ikhwansyah, Runner up II Putri Pariwisata Kalsel 2021 Nurul Hatimah dan Seniman dari HST  Rama Haur Kuning.

Putri Pariwisata HST terpilih yaitu Norhasina (22) merupakan perwakilan Kecamatan Labuan Amas Utara dari Desa Sungai Buluh, kelahiran 29 Mei 1999 yang baru saja lulus S1 Pendidikan Geografi di FKIP Universitas Lambung Mangkurat dan saat ini menjadi Guru Honorer di Madrasah Aliyah Swasta Muhajirin di Pemangkih.

Sebelumnya, Norhasina yang memiliki akun Instagram @Sisinaa dan tinggi 169 Cm itu juga pernah mengenyam pendidikan di SDN 1 Sungai Buluh, MTs Satap Belanti (Sekarang MTSN 14 HST) dan SMAN 2 Barabai di Pantai Hambawang.

Sedangkan Putra Pariwisata terpilih dan menjadi juara favorit yaitu M Rifaldi Rahman (20) merupakan perwakilan Kecamatan Barabai kelahiran 7 Oktober 2001 dan masih berstatus mahasiswa semester 3 di STKOM Sapta Komputer. Ia saat ini aktif sebagai Guru TK/TP Al-qur'an di Komplek Murakata Indah Barabai.

Selain itu, anak guru olahraga dan sekretaris KONI HST yaitu Rahman Jayadi itu juga merupakan atlet menembak senjata airsoft gun yang baru saja berhasil meraih juara 3 pada kategori Junior pada Steel Challenge Road to Forda Kalsel yang diselenggarakan oleh PORGASI Kalsel 20 Maret 2022 yang lalu.

Saat ditemui pada Senin (28/3) di Barabai, M Rifaldi Rahman menerangkan tidak menyangka berhasil meraih predikat juara pertama dikarenakan persaingan antar peserta begitu ketat, sebab masing masing peserta mempunyai kelebihan masing-masing.

Ke depan dibantu pihak Disporapar HST, pihaknya akan menyusun program kerja dalam rangka peningkatan di sektor pariwisata. "Tujuan saya mengikuti ajang pemilihan ini, selain memang senang berekreasi ke tempat tempat destinasi wisata, khususnya daerah pegunungan, juga ingin memajukan pariwisata di HST," terangnya.

"Karena saya yakin dengan meningkatnya pariwisata di sebuah kawasan, maka akan berdampak bertambahnya peluang kerja untuk warga sekitar baik sebagai juru parkir, berjualan maupun sebagai pemandu wisata. Selain itu, maka penjual kuliner khas banua kita juga akan menjadi incaran para wisatawan sebagai oleh-oleh," katanya.

Ia mengatakan, terobosan yang akan dilakukan adalah bekerja sama dengan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) akan menggelar kegiatan-kegiatan lomba olahraga tradisional masyarakat, misal lomba ketapel, lomba memanah, ba logo dan lomba lainnya di tempat-tempat wisata sambil mempromosikan.

"Selain itu, bersama dewan kesenian jika memungkinkan akan mengelar beberapa event lomba dengan tujuan selain mengikuti lomba para peserta dan pendukungnya, mereka juga bisa berekreasi di tempat wisata tersebut. Hal ini terinspirasi kegiatan Festival Bakuntau yang dilaksanakan di Wisata Batu Benawa Pagat beberapa waktu lalu. Semoga program kerja kami di dukung pemerintah daerah," ujarnya.

Atas capaian tersebut, mereka berhak mewakili Kabupaten HST pada ajang pemilihan Putra dan Putri Pariwisata Provinsi Kalsel. Sebelumnya, mereka yang masuk 12 finalis pada grand final duta Pariwisata HST Tahun 2022 ini adalah Hendra Maulana Akbar, Ilma Safitri, Muhammad Indra Maulana, Desy Faridha Eri Yanti, Gajali Rahman, Vena Melyani, Muhammad Rifaldi Rahman, Nur Hakiki, Ramlan Surya, Norhasina, Muhammad Rayhan Ghiffari dan Mentari Nanda Pratiwi.

Baca juga: HST to collaborate with Bali's Mudfish No Plastic
Baca juga: Bujur Matahari, attraction in the middle of paddy fields
Baca juga: HST gelar vaksinasi berhadiah utama 11 motor dan 36 sepeda

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022