Tanjung,  (Antaranews Kalsel) - Pasar ikan di Desa Telaga, Kecamatan Kelua, Kebupaten Tabalong, Kalimantan Selatan diserahkan pengelolaannya ke pemerintah kabupaten setempat. 


Kabid Perikanan Tangkap Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP ) dan SDM Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Tabalong Muhammad Agus Norrahman di Tanjung, Selas mengatakan, sebelumnya Pasar Ikan Telaga Itar dikelola oleh masyarakat setempat.

"Kementerian Perikanan dan Kelautan telah mehibahkan Pasar Ikan Telaga Itar ke Pemkab Tabalong sehingga bisa dikelola lebih optimal dan memberikan kontribusi bagi  pendapatan daerah," jelas Agus.

Pasar Ikan Telaga Itar merupakan salah satu program ekstensifikasi perikanan yang didanai dari APBN 2011 untuk menampung para pedagang ikan asal Tabalong maupun wilayah Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

Dengan kapasitar sekitar 100 pedagang pasar ikan yang berada di pinggir ruas jalan Tanjung - Hulu Sungai Utara (HSU) ini beoperasi sejak pukul 02..00 wita hingga 05.00 wita. 

"Ratusan pedagang di Pasar Ikan Telaga Itar tak hanya berasal dari Tabalong termasuk dari Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur dengan jenis perikanan laut, sungai dan budidaya," jelas Agus. 

Hibah Pasar Ikan Telaga Itar dari Kementerian Perikanan dan Kelautan kepada Pemkab Tabalong dilaksanakan secara simbolis pada puncak Hari Jadi Kabupaten Tabalong ke - 50 di halaman Pendopo Bersinar Pembataan.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015