Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Keanggotaan DPRD Kalimantan Selatan periode 2014-2019 yang berjumlah 55 orang kembali berkurang dengan meninggal dunia Hj Faridah Supaiti dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Minggu malam.



Srikandi" PDIP asal daerah pemilihan IV Kalsel yang meliputi Kabupaten Hulu Sungai Utara, Balangan, dan Kabupaten Tabalang itu baru sekitar sebulan menjadi anggota DPRD provinsi tersebut sebagai pengganti antarwaktu (PAW).

Wakil Ketua DPRD Kalsel H Muhaimin ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, menyatakan, turut berduka cita atas meninggal dunia rekannya sesama anggota dewan dan dari partai politik (parpol) yang sama pula.

Sebagai rekan sesama anggota dewan dan sesama partai, baik secara pribadi maupun selaku pimpinan DPRD Kalsel turut berduka cita atas meninggal dunia Hj Faridah, yang baru saja menjadi anggota legislatif tingkat provinsi ini," ucapnya.

"Sesuai peraturan perundang-undangan sebagai pengganti antarwaktu dari almarhumah Faridah, yaitu Nursiah (pensiunan guru) asal parpol dan dapil yang sama," lanjut anggota DPRD Kalsel empat periode itu.

Pernyataan duka cita yang sama dari Ketua Bidang Pemenangan Pemilu, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Kalsel HM Rosehan Noor Bahri seraya menambahkan, partainya akan segera membicarakan PAW atas meninggal dunia Faridah Supati.

"Kami akan segera membicarakan kekosongan wakil dari PDIP di DPRD Kalsel. Sedangkan penggantinya sudah barang tentu kader PDIP yang mendapat suara terbanyak di dapil tersebut," katanya.

"Berdasarkan penuturan keluarganya, almarhumah mau turut ke DPRD Kalsel, Senin (30/11), karena kesehatan agak membaik. Tapi Allah swt menghendaki lain, Minggu malam sekitar pukul 20.30 wita menghembuskan napas terakhir," demikian Rosehan.

Almarhumah meninggal dunia di Banjarmasin, kemudian sekitar pukul 23.00 wita dibawa ke Amuntai, ibukota Kabupaten Hulu Sungai Utara (sekitar 180 kilometer utara Banjarmasin) untuk dimakamkan, Senin.

Sebagai PAW, almarhumah menggantikan Hermansyah yang mendurukan diri dari anggota DPRD Kalsel karena mencalon Wakil Wali Kota Banjarmasin pada pemilihan kepala daerah atau Pilkada 9 Desember 2015.

Hasil Pemilu 2014, PDIP berhasil menempatkan delapan kader pada DPRD Kalsel yang terdiri 13 kabupaten/kota atau terbagi tujuh dapil masing-masing dari dapil I/Banjarmasin, H Muhaimin dan HM Rosehan NB.

Kemudian dari dapil IV Kalsel yang meliputi Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah satu orang atau sama dengan dapil V.

Selain itu, dari dapil VI Kalsel yang meliputi Kabuaten Kotabaru dan Tanah Bumbun, serta dapil VII yang terdiri Kota Banjarbaru dan Kabupaten Tanah Laut masing-masing dua orang.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015