Balangan - (Antaranews Kalsel) - Meskipun tidak masuk dalam nominasi penghargaan piala Adipura 2014 - 2015, Pemerintah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, untuk pertama kalinya mendapatkan sertifikat Adipura tahun 2014 - 2015.

Pemberian sertifikat ini sebagai bentuk penghargaan kepada kabupaten/kota yang dinilai telah menunjukkan kinerja baik dalam pengelolaan lingkungan hidup, termasuk Kabupaten Balangan, oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya, yang bertempat di Hotel Bidakara, Birawa Assembly, Pancoran, Jakarta.
.
Sekdakab Balangan Ir Ruskariadi yang menerima sertifikat itu secara langsung mengungkapkan bahwa Kabupaten Balangan dinilai telah mengalami peningkatan dalam pengelolaan lingkungan hidup perkotaan di tahun 2014 – 2015.

"Dengan segala peningkatan yang telah kita raih dan kita capai ini, tentu saja suatu saat nanti kita bisa meraih penghargaan Adipura itu, mudah-mudahan tahun depan kita bisa meraihnya. Kita harus tetap optimis dan terus melakukan perbaikan disegala hal," kata Ruskariadi di kantornya beberapa waktu lalu.

Untuk diketahui, dalam penilaian Adipura tahun 2014 - 2015, yang dipanggil untuk ekspos yaitu Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura dan Barabai.

Sementara itu Kabid Kebersihan pada Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan Balangan (BLHK) Ramli menyampaikan, berkaca dari hasil penilaian tahap satu (P1) kemudian ke tahap dua (P2), ada kemajuan yang signifikan terutama pada pasar dan pengelolaan sampah di TPA.

"Saya lupa angka persisnya berapa pada penilaian tersebut, yang jelas ada peningkatan, pasalnya usai ekspos tahap satu itu, kami selanjutnya melakukan pembenahan di TPA seperti mengadakan pemilahan, pengelolaan, timbangan dan lain sebagainya," ujarnya.

Melihat upaya tersebut, dirinya berkeyakinan nilai yang akan didapatkan Balangan nantinya bakal lebih baik, walaupun tidak masuk nominasi mendapatkan adipura pada tahun ini, tahun berikutnya ia yakin Balangan bakal bisa meraih penghargaan Adipura.

"Hasil penilaian adipura menjadi acuan kami untuk terus membenahi apa-apa yang menjadi item dalam penilaian tersebut, agar ditahun selanjutnya bisa lebih baik lagi, bahkan bisa meraihnya," katanya.

Ramli mengakui bahwa sebagai kabupaten yang masih baru Balangan memang cukup sulit dan memerlukan kerja keras untuk langsung mendapatkan penghargaan Adipura, namun peningkatan yang sudah dicapai merupakan prestasi dan kepuasan tersendiri, sehingga menjadi motivasi untuk terus melakukan pembenahan.

"Kita tentu belum puas hanya dengan meraih sertifikat, ke depan kita akan menargetkan untuk meraih piala Adipura," ucapnya optimis.

Untuk mewujudkannya kata dia, harus ada dukungan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar, terutama dari lingkungan tempat tinggalnya sendiri.


Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015