Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) jajaki rencana kerjasama dengan Yayasan Mudfish No Plastic di Bali guna melakukan edukasi tentang mengurangi sampah plastik baik yang ada di masyarakat, sekolah maupun objek wisata.

"Kita bersama Bupati telah melakukan kunjungan lapangan ke Yayasan Mudfish No Plastic di Bali beberapa waktu yang lalu. Yayasan itu dikelola rata-rata orang Bule dari Negara Italia, mereka bergerak di bidang edukasi persampahan kepada anak-anak muda di Indonesia," kata Plt Sekda HST Muhammad Yani, Rabu (23/3) di kantornya.

Pihaknya merancang kerjasama terkait edukasi persampahan tersebut masuk dalam kurikulum di sekolah dasar maupun SMP di Kabupaten HST.

"Rencana kalau tidak ada halangan, mereka para pengurus yayasan akan berkunjung ke Kabupaten HST pada pertengahan April mendatang," ujarnya.

Diterangkan Yani, mereka akan melakukan aksi bersih-bersih Gunung Halau-Halau di wilayah Kecamatan Batang Alai Timur dan memberikan edukasi terkait sampah plastik di sekolah maupun tempat wisata.

"Karena berbeda bangsa, bahasa dan budaya dengan mereka yang dari Italia dan ada juga dari Perancis jadi menjadi kesempatan kita berbagi pengalaman dan mengenalkan wisata HST," katanya.

Ditambahkan nya, mereka juga akan mengedukasi masyarakat terkait dampak sampah plastik kepada masyarakat dan anak-anak dengan cara-cara yang kreatif dan sambil rame-rame.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022