Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar deklarasi kesiapsiagaan nasional bersama sejumlah tokoh  lintas agama, tokoh masyarakat dan budayawan Kalimantan Selatan, Selasa 22 Maret 2022.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Rattan in Banjarmasin tersebut, di hadiri oleh  Kepala BNPT, Komjen Pol Boy Rafli Amar, beserta jajarannya dalam rangka penanggulangan terorisme dan pencegahan radikalisme.

Selain itu, kegiatan itu juga di ikuti oleh unsur Forkopimda Kalsel, Forkopimda Banjarmasin, Organisasi Kepemudaan dan Masyarakat serta Mahasiswa di Kalimantan Selatan.

Menurut Boy Rafli, melalui deklarasi kesiapsiagaan nasional, dapat membangun semangat kebersamaan semua pihak untuk melawan kejahatan terorisme yang biasanya di awali dengan perilaku  intoleran, anti terhadap konstitusi Negara, anti terhadap keberagaman serta anti terhadap persatuan dan kesatuan.

Untuk itu ia mengajak masyarakat untuk membentengi diri, dari ideologi terorisme yang  tidak sejalan dengan karakter bangsa Indonesia, dengan nilai-nilai di dalam empat pilar kebangsaan, yang diwariskan oleh leluhur bangsa yaitu  Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“ dengan bersatu padunya kita semua ideologi terorisme yang bisa masuk kedalam masyarakat melalui berbagai saluran termasuk media sosial, itu bisa dimitigasi “

Langkah mitigasi yang dimaksud adalah dengan membedakan hal-hal yang baik dan tidak baik untuk bangsa Indonesia.

Diharapkan dengan peran serta media dan masyarakat maka faham radikalisme yang mengancam kesatuan NKRI dapat dibendung.

 

 

Boy Rafli menambahkan, pada tahun 2022 BNPT mengembangkan pendekatan pentahelix dalam upaya pencegahan dan memerangi faham radikalisme dan terorisme di tanah air. pendekatan tersebut melibatkan seluruh unsur atau multi pihak baik pemerintah, organisasi masyarakat, tokoh agama, pihak swasta, media mainstream maupun media sosial.

“ jadi teman teman media dapat dikatakan sebagai mitra strategis dalam upaya membangun semangat, kewapadaan dalam menghadapi kejahatan terorisme “ kata Boy Rafli.

Pada kunjungan ke Banjarmasin kali ini,  selain  menggelar deklarasi kesiapsiagaan  nasional, Komjen Pol Boy Rafli Amar, sebelumnya menghadiri pertemuan kegiatan bertajuk perempuan TOP viralkan perdamaian, yang digelar Forum Komunikasi penngulangan Terorisme (FKPT) Kalsel Bidang anak dan perempuan, yang dihadiri oleh tokoh perempuan, mahasiswi dan organisasi wanita di Kalsel.

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022