Balangan - (Antaranews Kalsel) - Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional di Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, yang dilaksanakan oleh Badan Narkotika Nasional setempat, disertai program donor darah.


Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Dinas Kesehatan Balangan yang ada di Unit Transfusi Darah RSUD Balangan, BNN berniat untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat agar hidup sehat dan bisa memberikan manfaat kepada orang lain.

Kepala BNN Kabupaten Balangan AKBP Abdul Muthalib menuturkan, kegiatan donor darah tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Anti Narkoba Internasional dengan tema “let’s develop our lives, our communities, our identities without drugs”, mari tingkatkan kualitas hidup kita, masyarakat kita, jati diri kita, sehat tanpa narkotika.

"Setetes darah kita dapat bermanfaat untuk semua orang, tentunya darah yang sehat tanpa narkotika, kita tidak tahu apakah itu orang lain atau keluarga kita sendiri yang menbutuhkan. Jika darah kita sehat, kita bisa menjadi penolong," ungkap AKBP Abdul Muthalib.

Ia berharap dengan kegiatan donor darah ini selain dapat mengumpulkan darah tapi juga sebagai upaya pencegahan penggunaan narkotika. Karena melalui darah kita bisa mengetahui seseorang itu pecandu narkoba atau bukan, ungkapnya.

Lebih lanjut Ia juga mengimbau agar semua lapisan masyarakat menolak penyalahgunaan narkotika mengingat narkotika dapat membahayakan penggunanya dan orang disekelilingnya.

"Dengan narkotika tindak kriminal meningkat. Dari 4 juta pengguna narkotika didunia ini, 33 sampai 40 orang meninggal dunia setiap harinya. Saat ini Indonesia sudah mengalami darurat narkotika," ujarnya.

Abdul Muthalib meminta partisipasi masyarakat untuk melaporkan ke BNN jika mendapati adanya pengguna narkotika disekitar lingkungannya, atau pengguna sendiri yang melapor untuk direhabilitasi.

"Silahkan laporkan kepada kita. Jadi jangan takut, kita hanya akan menjerat bandar dan pengedar, untuk pemakai akan kita rehabilitasi," tutupnya.

Kegiatan dilaksanakan di lapangan volly areal taman sanggam Kecamatan Paringin, Selasa (24/11).

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015