Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Pemerintah Kota Banjarmasin mendorong petani ikan mengembangkan budi daya kolam terpal karena memiliki banyak keunggulan yang menguntungkan petani.

di Banjaramsin Selasa mengatakan keunggulan kolam ikan terpal di antaranya, panen dapat maksimal, tidak mudah terserang penyakit, proses panennya mudah dan tidak membutuhkan tempat yang luas.

Mendukung budi daya tersebut, kata dia, pihaknya telah menyalurkan sebanyak 20 unit kolam ikan terpal kepada 10 kelompok pembudidaya ikan di kota ini.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga menyiapkan bantuan bibit ikan patin sebanyak 150 ribu ekor kepada 10 kelompok pembudidaya ikan tersebut.

"Bantuan 20 unit kolam terpal berikut pakannya tersebut, kami alokasikan melalui dana alokasi kusus (Dak) sebesar Rp568 juta," katanya.

Khusus bantuan pakan ikan kata dia, jumlahnya sangat terbatas, sehingga diharapkan para penerima bantuan nantinya dapat berswadaya mencukupi kebutuhan pakan tersebut.
 
.Kepala Bidang Perikanan DKP3 Banjarmasin Sulaiman Thalib (ANTARA/Latif Thohir)

Thalib berharap, budi daya ikan di Banjramsin bisa terus berkembang, sebagai upaya memenuhi kebutuhan ikan di Kalimantan Selatan.

"Pengembangan kolam terpal itu bisa di halaman rumah bahkan di garasi, atau ditempat lainnya," katanya.

Selain hibah dari dana DAK bantuan kepada pembudidaya ikan juga diberikan melalui dana APBD Kota Banjarmasin berupa berupa keramba ikan dan bibit ikan berikut pakannya.

 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022