Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Achmad Fikry membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) HSS tahun 2023, di Pendopo Bupati HSS.

Ia mengatakan, kepada Bappeda dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bahwa ada satu usulan yang selalu diusulkan ke provinsi, yaitu meminta agar konektivitas antar kabupaten bisa terbuka.

"Saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel telah menggarap jalan Margasari, kami juga saat ini terus menggarap jalan di Kecamatan Daha Barat," katanya, Selasa (15/3).

Dijelaskan dia, pihaknya ingin suatu saat akan tersambung Margasari dengan Bajayau Daha Barat, kalau itu bisa terwujud maka bisa membuka akses, Amuntai ke Banjarmasin tidak perlu lewat Kandangan, cukup masuk lewat Babirik - Negara - langsung ke Margasari.

Baca juga: Forum konsultasi publik penyempurnaan rancangan RKPD HSS 2023

Ia meminta kepada Balai Sungai Prov. Kalsel agar bisa membantu mengkaji penyebab banjir, ini sangat penting agar tidak terjebak hanya mengatasi banjir tetapi tidak berpikir apa penyebab banjir sesungguhnya.

Selain itu, ia juga berharap agar musrenbang tidak hanya memikirkan masalah pembangunan fisik, tetapi juga pembangunan yang non fisik karena kondisi masyarakat juga tidak kalah pentingnya.

"Semoga nanti ada tambahan anggaran yang bisa mengakomodir semua harapan masyarakat sampai tahun 2023, Karena tahun 2023 adalah tahun terakhir masa jabatan, dan akan mencapai target-target yang bersifat kuantitatif dan kualitatif," katanya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bappeda Kalsel Mahyuni, mengatakan indikator makro daerah untuk laju pertumbuhan ekonomi Kalsel 3.48, sedangkan HSS lebih tinggi 4.18.

Menurut dia, tingkat pengangguran terbuka Provinsi Kalsel 4.95, sementara HSS lebih baik berada pada 2.44 persen, bahkan tingkat pengangguran terbuka ini terendah se Kalsel.

"Kemudian untuk indeks gini ratio, Provinisi Kalsel 3.25, sedangkan HSS 0.275, terendah kedua sesudah Tala," katanya.

Ketua DPRD HSS, H. Akhmad Fahmi, mengatakan musrenbang RKPD yang dilaksanakan hari ini diharapkan dapat menjadi komunikasi yang lebih intensif.

Baca juga: Wabup HSS buka musrenbang Kecamatan Kalumpang

Dalam rangka menghasilkan program dan kegiatan yang partisipatif dan selaras untuk melaksanakan tahun kelima RPJMD HSS tahun 2023, sesuai dengan visi misi bupati dan wakil bupati.

"Dengan dilibatkannya DPRD dalam pembahasan sejak awal, diharapkan masukan maupun aspirasi masyarakat yang didapat ketika pelaksanaan, terakomodir dalam RKPD dan selanjutnya bisa masuk dalam rencana kerja perangkat daerah," katnaya.

Sementara itu, Kepala Bappelitbangda HSS, M. Arliyan Syahrial, melaporkan dari hasil musrenbang kecamatan dan input pokok-pokok pikiran yang disampaikan.

Dengan rincian 346 usulan terdiri dari 67,80 persen infrastruktur, 16,80 persen ekonomi, serta 15,40 persen sosial budaya, dan sebanyak 706 usulan pokok pokok pikiran DPRD HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022