Banjarmasin,  (AntaranewsKalsel) - Kepala Dinas Kebersihan Kota Banjarmasin Mukhyar mengungkapkan, sebanyak 1.250 orang petugas kebersihan atau biasa disebutnya pasukan kuning akan menyambut anugrah penghargaan piala Adipura yang didapatkan daerahnya pada tahun 2015 ini.


"Rencananya piala Adipura untuk kota kita datang pada Selasa, 24 November 2015 dari Jakarta, sejak di bandara akan disambut pawai, hingga ke tengah kota kita," ujarnya, Minggu.

Diutarakan dia, para petugas kebersihan atau pasukan kuning, dari penyapu jalan, angkutan sampah, dan petugas taman yang setiap harinya bekerja di ibu kota provinsi ini akan terlibat penyambutan piala Adipura yang dibawa pejabat wali kota.

"Setidaknya 300 orang pasukan kuning yang akan menyambut kedatangan piala Adipura di bandara Syamsuddin Noor nantinya, lalu dibawa ke Balaikota, kemudian ramai-ramai nantinya diarak keliling kota," ucapnya.

Kegiatan ini, tutur Mukhyar, tentunya untuk rasa syukur dan suka cita warga Banjarmasin yang sudah puluhan tahun baru dalam bersama memperbaiki keteduhan lingkungan dan kebersihan akhirnya bisa mendapatkan penghargaan Adipura pada tahun ini.

"Semua warga Banjarmasin patut melihat piala penghargaan tertinggi keberhasilan pengelolaan lingkungan ini dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI atau dari pemerintah pusat," ungkapnya.

Sebagai kota yang lama mendambakan penghargaan ini, ujar Mukhyar, tentunya saat terwujud ini semuanya akan merasa bangga, termasuk para petugas kebersihan daerah ini yang sangat berperan dalam keberhasilan perbaikan lingkungan dan kebersihan kearah lebih maju.

"Saya sangat bangga dengan kerja tim kebersihan daerah ini, moga ini jadi motivasi mereka agar bekerja mengabdikan diri bagi daerah lebih maksimal lagi, dan mempertahankan anugran ini," ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Banjarmasin Hamdi memastikan, daerahnya meraih penghargaan adipura tahun 2015 ini, sesuai surat undangan kepada pejabat wali kota setempat yang tersebar kepublik akan menerimanya pada 23 November nanti di Jakarta.

"Surat undangan pejabat wali kota kita untuk menerima penghargaan Adipura yang tersebar di media sosial itu benar, ini ada dengan saya," ujarnya,.

Dia memastikan, surat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dari Direktorat Jendral Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Berbahaya dan Beracun, tertanggal 16 November 2015 dengan nomor surat: UN 2968/PSLB3-PS/2015 tersebut yang menyatakan Kota Banjarmasin meraih anugrah Adipura, benar adanya.

Didalam surat itu, tutur Hamdi, berbunyi, dalam rangka pelaksanaan program Adipura 2014-2015 akan dilaksanakan penyerahan penghargaan anugrah Adipura, dimohonkan Wali Kota Banjarmasin dapat berhadir menerima penghargaan tersebut, yakni, pada Senin, 23 November 2015, pukul 19.00 Wib, di Hotel Bidakara Jalan Gatot Soebroto, DKI Jakarta.

"Yang mendatangani surat undangan kota kita dapat Adipura ini Direktur Jendral Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Berbahaya dan Beracun, Kemen LH dan Kehutanan RI saudara Tuti Hendrawati Mintarsih," ungkap Hamdi.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015