Badan Intelijen Negara (BIN) daerah Kalimantan Selatan kembali melaksanakan Vaksinasi  anak/pelajar di Wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) tepatnya di Pondok Pesantren Ummul Qura' Desa Bayur Kecamatan Haur Gading.

Sebagian besar orang tua santri mengijinkan anak mereka mengikuti vaksin, demikian pula siswa dan santri tidak terlihat takut mengikuti vaksin.

Alhasil jumlah siswa dan santri yang mengikuti kegiatan Vaksinasi BIN Kalsel di Ponpes Ummul Qura' cukup membludak apalagi dengan kehadiran para wali siswa yang ikut memdampingi anak mereka.
 
Para orang tua yang mendaftarkan anaknya di Ponpes dan Madrasyah Ummul Qura' Desa Bayur Kabupaten HSU yang dilaksanakan BIN Kalsel, Rabu (9/3/22). (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Yazid Luthfiadi salah satu siswa MI Ummul Qura'" yang tersenyum lebar selepas disuntik vaksin oleh tenaga kesehatan Puskesmas Haur Gading karena suntikan vaksin yang diterimanya ternyata tidak sakit sama sekali.

"Kada (tidak) sakit, ikut vaksin disuruh orang tua," ujar Yazid sambil menggelengkan kepala.

Yazid mengakui jika orang tuanya lah yang paling menginginkan dirinya untuk ikut vaksin disekolahnya. 

Ia juga tahu bahwa disuntik vaksin agar terhindar dari tertukar Virus Corona Disease 2019 (COVID-19). Meski demikian ia  belum pernah belajar Daring (online) karena selalu belajar tatap muka bersama teman-temannya disekolah.
 
Orang tua yang membawa anaknya vaksin di Ponpes Ummul Qura' melintasi dekat banner BIN Kalsel yang melaksanakan Vaksinasi Pelajar tersebut, Rabu (9/3/22). (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Salah seorang wali siswa Agus Wahyudi menghimbau orang tua lainnya agar melawan kehawatiran dengan bertanya kepada dokter di puskesmas dan rumah sakit.

"Tanyakan langsung kepada dokter atau tenaga kesehatan dipuskesmas agar paham manfaat vaksin, kehalalan dan keamanannya," kata Agus.

Agus meminta para orang tua untuk tidak menelan mentah-mentah informasi mengenai vaksin yang ada di media sosial, melainkan mencari informasi lebih lanjut kepada ahlinya.

Sebanyak 227 siswa mengikuti vaksinasi pelajar yang dilaksanakan di lantai dua Madrsyah Ibtidaiyah Ummul Qura' pada Rabu (9/3/22) dan turut diikuti para santri dan santriwati Pondok Pesantren Ummul Qura'.
 
Salah seorang siswa MI Ummul Qura' divaksin oleh tenaga kesehatan Puskesmas Haur Gading pada pelaksanaan Vaksinasi yang difasilitasi BIN Kalsel di Amuntai, Rabu (9/3/22). (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Banyaknya peserta vaksin membuat tenaga nakes cukup kewalahan dimana sangat disayangkan lokasi pelaksanaan vaksin berada dilantai dua bangunan MI Ummul Quta' sehingga dipenuhi siswa /santri dan wali siswa.

Hadiah Doorprize juga disediakan pihak pemerintah Desa Bayur untuk menambah motivasi dan kegembiraan bagi anak-anak dan orang tua yang mengikuti vaksin dengan hadiah tas, jam, botol gelas hingga kipas angin dan rice cooker.

Kepala BIN daerah (Binda) Kalsel  Brigjen Pol. Dr Heri Armanto melalui Koordinator Wilayah BIN HSU Purnomo sangat bersyukur kesadaran para orang tua semakin meningkat untuk mengijinkan anak mereka menjalani vaksinasi COVID-19.

"Kita akan terus melaksanakan vaksinasi anak dan pelajar dengan bekerja sama dengan pihak puskesmas, sekolah dan pondok pesantren," katanya.
VIDEO BERITA TERKAIT :  
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022