Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Kasatpol Air Polresta Banjarmasin AKP Untung Widodo menyatakan pihaknya tengah menyelidiki isu adanya penyeludupan satwa burung di perairan daerah ibu kota provinsi ini.


"Isu adanya penyeludupan satwa burung melewati perairan Banjarmasin kini santer dibicarakan, kami tindak lanjuti hal itu dengan melakukan penyelidikan," ujarnya di Banjarmasin, Rabu.

Menurut dia, personil Satpol Air saat ini terus siaga, yakni, pasang mata dan telinga, sekalian melaksanakan giat patroli dan giat pemeriksaan angkutan air yang dinilai mencurigakan berada di perairan daerah ini, salah satu tujuannya menindak lanjuti adanya isu penyeludupan satwa burung ini.

"Sejauh ini memang belum dapatkan kasusnya, tapi kami terus melakukan pengawasan, supaya jangan sampai ada orang yang berani melanggar hukum lewat perairan daerah kita ini," ucapnya.

Perairan Banjarmasin yang strategis dalam perekonomian dan bisnis, ungkap Untung, pastinya sangat rawan disusupi adanya kejahatan semisal penyeludupan satwa langka dari provinsi ini ke daerah pulau Jawa.

"Sebab perairan kita ini langsung terhubung dengan lautan di mana banyak kapal-kapal yang berlayar ke daerah tujuan Surabaya dan lainnya ke pulau Jawa," tuturnya.

Menurut dia, satwa burung yang dicurigai adanya diseludupkan salah satunya jenis burung bio, dan ini terus dicari kebenarannya.

"Kalau penyeludupan satwa burung lewat darat kan sudah didapatkan kasusnya, kita melakukan siaga agar jangan sampai ada yang lolos lewat sungai ini," paparnya.

Dipastikan Untung, pihaknya tidak akan lengah dengan kejahatan ini, dan akan menindak tegas sesuai hukum yang berlaku bagi pelanggar konstitusi negara ini.

"Tidak hanya masalah penyeludupan satwa ini, yang kita waspadai juga masalah penyeludupan narkotika," ujarnya.

Banjarmasin sebagai kota besar, beber Untung, pastinya banyak menarik minat para pembisnis ilegal dan narkotika mencari keuntungan dengan lengahnya penegak hukum dan masyarakat daerah ini.

"Kami harap masyarakat ikut berperan mengatasi masalah pelanggaran hukum dan kejahatan di daerah ini, dengan melapor ke pihak berwajib di mana ada hal yang mereka curigai, ayo kita jaga bersama daerah ini agar tetap tentram dan aman," katanya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015