Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Penjabat Wali Kota Banjarbaru yang diwakili oleh Plt Sekda Kota Banjarbaru Drs H Said Abdullah MSi menghadiri sekaligus membuka acara Bimtek tata naskah kedinasan yang diadakan oleh BKD & Diklat Kota Banjarbaru, bertempat di Aula Linggangan Intan DPRD Banjarbaru, Senin (16/11. 


Tampak Kepala  BKD & Diklat Kota Banjarbaru Drs Firdaus Hazairin, jajaran Kepala SKPD Kota Banjarbaru.

Panitia pelaksana mengtakan maksud dari pelaksanaan Bimtek ini adalah agar peserta lebih memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam proses penyelesaian pekerjaan sehari-hari khususnya dalam hal tata naskah dinas. 

Dan tujuannya untuk meningkatkan kelancaran komunikasi tulisan ekstern maupun intern, meningkatkan kompetensi para pegawai dalam rangka mendukung tertib administrasi pelaksanaan tugas-tugas pokok serta meningkatkan fungsi kerja pada unit kerja organisasi yang bersangkutan. 

Adapun jumlah peserta bimtek tata naskah dinas dilingkungan pemko Banjarbaru tahun 2015 sebanyak 50 orang. Bimtek dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 16 s/d 18 November 2015.

Plt Sekda Kota Banjarbaru Drs H Said Abdullah MSi mengatakan penyelenggaraan kegiatan ini sudah menjadi kewajiban pemerintah. 

Hal ini dimaksudkan agar pegawai negeri sipil, khususnya di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarbaru dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam kelancaran pelaksanaan tugasnya sebagai aparatur pemerintah. 

Karenanya, pembekalan selalu diupayakan agar kemampuan administrasi aparatur di Banjarbaru selalu mengalami peningkatan, sehingga nantinya sumber daya aparatur pemerintah memiliki nilai strategis dan berperan penting dalam kelancaran penyelenggaraan administrasi di instansinya masing-masing.

Dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, surat-menyurat merupakan hal yang rutin dilakukan di instansi pemerintahan. Namun, masih sering dijumpai naskah dinas yang belum sesuai dengan petunjuk tata naskah dinas sebagaimana yang diatur dalam peraturan perundangan-undangan yang berlaku. 

Karenanya bimbingan ini harus terus dilakukan, kegiatan bimtek tata naskah dinas sangat penting untuk dilaksanakan karena dasar dari proses penyelenggaraan pemerintah adalah pada kemampuan kita dalam membuat dan menjawab setiap surat keluar dan masuk. 

Dan hal ini tidak hanya bagian dari melaksanakan petunjuk dan peraturan yang ada, tetapi juga sebagai upaya meningkatkan kemampuan aparatur pemerintah agar memiliki pengetahuan dalam membuat media komunikasi kedinasan dalam bentuk tertulis, baik dalam keseragaman bahasa maupun dalam penggunaan bahasa yang baik dan mudah dipahami.

Kegiatan ini juga penting untuk pelaksanaan tugas dan tercapainya tujuan organisasi, karena kesalahan pembuatan naskah dinas bisa berakibat pada salahnya penafsiran. 
karenanya kepada semua peserta Said Abdullah berharap dapat menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, ikutilah bimbingan teknis ini dengan serius dan penuh konsentrasi. 

Gunakan kesempatan ini untuk terus menggali ilmu. Sehingga ketika pelatihan ini berakhir, saudara dapat menjalankan tugas sebagai aparatur dengan penuh integritas dan professional.

Said Abdullah juga berpesan agar setelah bimtek ini selesai, SKPD diharapkan tidak lagi berbeda dalam dalam pembuatan tata naskah dinas.(ufik/e)

Pewarta: Asmuni

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015