Makassar, (Antaranews Kalsel) - Celebes Travel Mart (CTM) yang akan digelar di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, 17 - 20 November mendatang akan diikuti "pembeli" atau "buyers" dari Singapura, Malaysia, dan Timur Tengah.


"Kita memang fokus pada Singapura dan Malaysia, karena kedua negara ini adalah pintu gerbang penerbangan langsung internasional ke Makassar. Sementara untuk Timur Tengah, ini adalah pasar potensial pariwisata kita yang baru tumbuh," kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Sulawesi Selatan Devo Khaddafi di Makassar, Minggu.

Total jumlah "pembeli" yang berpartisipasi dalam kegiatan yang akan menjual potensi wisata bahari Sulsel tersebut mencapai 50 peserta.

"Jumlah 'buyers' memang kita batasi hanya 50 peserta karena kita benar-benar ingin kegiatan ini berjalan dengan fokus yang jelas, dan pihak yang kami setujui menjadi 'buyers' hanya mereka yang benar-benar berkomitmen mau membeli dan mempromosikan paket dan destinasi wisata kita," tambah Devo.

Dari 50 pembeli tersebut, ia melanjutkan, jumlah pembeli asing mencapai sekitar 25 persen.

Sementara dari sisi "penjual" atau "seller", sudah terdapat 39 peserta baik dari industri perhotelan, ASITA, dan pemerintah daerah.

"Target kami sampai 50 seller" ujarnya.

Pelaksanaan CTM ini diapresiasi oleh Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel Anggiat Sinaga. Menurut Anggiat berbeda dengan misi promosi ke luar negeri, kegiatan ini dipandang lebih efektif menjual pariwisata Sulsel.

"Di CTM ada transaksi dan eksplorasi di mana para buyers bisa merasakan langsung seperti apa destinasi wisata yang akan dijual," ujarnya.

Apresiasi yang sama disampaikan oleh Ketua Asosiasi Travel Indonesia (Asita) Sulsel Didi Leonardo Manaba.

"Kegiatan ini sangat positif karena penjual dan pembeli bertemu secara langsung dan fokus dalam menjual paket wisata," ujarnya./e

Pewarta: Nurhaya J. Panga

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015