Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Achmad Fikry didampingi Sekretaris Daerah, H Muhammad Noor  menghadiri peringatan Isra Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW dan haul ke-17 Guru Syeh Muhammad Zaini Bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul,  di Mesjid Agung Taqwa Kandangan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pimpinan Ponpok Pesantren Raudhatul Ghanaan An Nabawiyah, Dalam Pagar Kandangan, Tuan Guru Haji (TGH) Ahmad Syairazi, di Kandangan, mengatakan Isra Mi'raj merupakan satu dari sekian banyak mukjizat Nabi Muhammad SAW.

"Peristiwa Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad bukan hal yang biasa, tapi sangat luar biasa karena Al-Qur'an sendiri yang menjelaskan dan menerangkannya, artinya perkara ini bukan perkara biasa," katanya, dalam ceramah, beberapa waktu lalu. 

Baca juga: Rombongan Safari Rajab Pemkab HSS silaturrahmi di Mesjid Al Jihad

Dijelaskan dia, Isra Mi'raj merupakan perkara yang sangat luar biasa yang tidak pernah diterima oleh akal, maka dari itu Nabi Muhammad SAW sebelum Isra Mi'raj dimuliakan, dihormati dicintai dan dipercaya.

Setelah kejadian Isra Miraj Nabi Muhammad SAW besok harinya Nabi dicaci, dikatakan hina oleh perkataan orang-orang Mekkah dulunya. Tetapi orang-orang yang beriman tetap percaya kepada Nabi Muhammad SAW, seperti Sayidina Abu Bakar As Sidiq.

Selain itu, untuk manaqib Abah Guru Sekumpul tentang akhlak-akhlak beliau, seluruh perjalanan hidup Abah Guru Sekumpul yang bernama Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani.

"Sangat layak dicontoh dan menjadi teladan hidup yang penuh hikmah, untuk umat Islam khususnya di Kalimantan Selatan, umumnya di dunia,"  katanya.

Baca juga: Habib Segaf sampaikan pentingnya sinergi umara dan ulama dalam pembangunan

Sebelumnya, Ketua yayasan Mesjid Agung Taqwa, HM Aliansyah, berterima kasih kepada para habaib, dan alim ulama, kepada bupati dan jajaran Pemkab HSS,  jiran mesjid Agung Taqwa dan seluruh pihak yang telah membantu dalam kegiatan yang dilaksanakan baik bantuan berupa donatur, tenaga juga pikiran.

Acara didahului dengan Qasidah-qasidah, pembacaan ayat suci Al-Quran, pembacaan seputar sejarah Isra Mi'raj, pembacaan manaqib Guru Sekumpul tentang akhlak- akhlak beliau, dan ditutup dengan tahlil dan doa haul Abah Guru Sekumpul.

Turut hadir, para habaib atau zuriat Nabi Muhammad SAW di Bumi Rakat Mufakat, alim ulama, perwakilan Forkopimda HSS, Kepala Kantor Kementerian Agama HSS, HM Yamani, para kepala OPD HSS, Camat Kandangan, kapolsek, danramil, lurah, dan dibantu pengamanan oleh para relawan haul.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022