Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin menjadwalkan debat pertama antar-calon wali kota pada Sabtu (7/11) pukul 15.00 Wita di hotel Tree Park Banjarmasin bertema kesejahteraan.


Ketua KPU Kota Banjarmasin Bambang Budianto, Jumat, mengatakan, debat tahap pertama ini hanya antar calon wali kota yang bertemakan "Meningkatkan kesejahteraan rakyat dan upaya memajukan daerah".

"Pada debat awal ini ada lima panelis yang menyiapkan soalnya, berkaitan dengan tema, dan ini akan dibacakan moderator," ujarnya.

Dijelaskan dia, tiga calon wali kota yang mengikuti Pilkada daerah ini pada 9 Desember nanti wajib mengikuti ajang ini, sebab masuk dalam tahapan Pilkada.

"Jadi kita harap semua calon sudah siap, sebab ini penting bagi mereka untuk meyakinkan masyarakat agar dipilih," tuturnya.

Bambang menyatakan, pihaknya di KPU sudah menyiapkan acara ini dengan sangat matang, hingga harapannya tidak ada kendala lagi dan semuanya bisa berjalan lancar.

Calon nomor urut 1 Rojiansyah yang berpasangan Budiono lewat jalur independen menyatakan kesiapannya untuk mengikuti debat tersebut, sebab sudah mengetahui seluk beluk permasalahan kota ini.

"Bagi saya ada dua puluh masalah di kota ini yang perlu mendapat perhatian pemimpin daerah ini selanjutnya," ujarnya dengan harapan dialah yang menjadi pemenang pemilu nantinya.

Sementara itu calon nomor urut 2 Zulfadli Gazali yang berpasangan dengan Zainuddin menyatakan pula kesiapannya mengikuti debat antar calon tersebut.

Zulfadli meyakini bisa memenangkan hati masyarakat Banjarmasin nantinya karena pengalamannya di pemerintahan sebagai sekretaris daerah.

Tidak mau kalah juga, calon wali kota nomor urut 3 Ibnu Sina yang berpasangan dengan Hermansyah menyatakan sudah siap berdebat dengan para calon lainnya.

Sebagai politisi yang sudah dua periode mengabdikan diri sebagai wakil rakyat di gedung dewan provinsi, pastinya teruji memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015