Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual bahwa vaksinasi tahap pertama di provinsinya telah mencapai 85 persen, vaksin kedua sekitar 50 persen dan lansia tervaksin 65 persen.

Gubernur Sahbirin saat mengikuti rapat koordinasi akselerasi percepatan vaksinasi serentak seluruh Indonesia dipimpin Presiden Jokowi secara virtual di Banjarmasin Jumat, menyampIkan banyak kendala di lapangan saat pelaksanaan vaksinasi namun bisa diatasi dengan baik oleh seluruh tim.

"Hingga saat ini, vaksin masih tersedia dan sejak Kamis (17/2/2022), telah didistribusikan ke daerah dan pusat pelayanan kesehatan masyarakat," katanya. 

Selain Gubernur, rapat virtual   yang berlangsung di halaman Kantor Polsek Banjarmasin Barat itu juga dihadiri Kapolda Kalsel Irjenpol Rikwanto, Komandan Korem 101 Antasari Kolonel Inf Rudi Puruwito, Kepala BIN Daerah Kalsel Brigjen Pol Heri Armanto dan Kadinkes Kalsel, Muhammad Muslim.

Presiden Joko Widodo mengapresiasi jajaran TNI-Polri, BIN dan pemerintah daerah yang telah bekerjasama dalam rangka percepatan vaksinasi dan mengajak masyarakat untuk selalu mentaati protokol kesehatan.

Kendati demikian, Jokowi meminta Pemprov Kalsel dan Forkopimda setempat, terus berusaha meningkatkan capaian vaksinasi tahap dua dan vaksin penguat atau booster.

Khusus vaksinasi tahap pertama, Presiden mengatakan, cukup puas dengan capaian yang diperoleh Kalsel.

Hal itu disampaikan Presiden setelah mendengar laporan capaian vaksinasi tahap pertama dan kedua serta booster dari Gubernur Kalsel.

"Jadi saya titip, dosis keduanya saja yang didorong, kemudian untuk dosis ketiga atau booster yang masih tiga persen agar dikonsentarsikan di tempat tempat yang interaksinya tinggi," pesan Jokowi.

Di awal rapat, Presiden Jokowi dalam arahannya menyampaikan, bahwa kegiatan vaksinasi secara serentak harus dilaksanakan menginggat saat ini kasus COVID- 19 sedang meningkat.

Ini sangat penting  dan harus ada percepatan vaksinasi terutama pada lansia dan anak-anak.

Presiden juga mengimbau kepada masyarakat tentang pentingnya disiplin protokol kesehatan. 

Kapolsek Banjarmasin Barat Kompol Faizal Rahman mengatakan, pihaknya menyiapkan 500 dosis untuk vaksinasi 100 orang lansia dan 200 anak, 150 umum.

Vaksinasi berlangsung sejak pagi dan masyarakat nampak antusias mengikutinya.

Selain mendapatkan vaksin, peserta mulai anak-anak hingga lansia itu, mendapat kupon hadiah berupa dua unit sepeda, kalung emas, dan televisi berwarna, yang diundi setelah rapat virtual dan peninjauan kegiatan. 

Pengundian hadiah televisi dan satu sepeda untuk anak-anak, dilakukan Gubernur Kalsel, hadiah kalung emas yang diberikan untuk peserta vaksin lansia diundi oleh Kapolda, dan terakhir hadiah sepeda lainnya, diundi Komandan Korem 101 Antasari. 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022