Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Ketahanan Pangan kembali melaksanakan Gelar Pangan Murah Toko Tani Indonesia (TTI) didukung Baznas HSS, Bank Kalsel Cabang Kandangan, dan Bank Kalsel Syariah Cabang Kandangan, di di Desa Wasah Hilir, Kecamatan Simpur.

Pengelola Sarana dan Prasarana, Dinas Ketahanan Pangan HSS, Hj Sri Yulianti, di Simpur, Kamis (17/2), mengatakan kegiatan ini adalah program rutin dari pemerintah untuk menyeimbangkan ketersediaan dan harga pangan di Kabupaten HSS.

"Terlebih sebentar lagi akan memasuki Bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriah, yang diperkirakan akan jatuh pada awal Bulan April 2022," katanya, saat memberikan keterangan.

Baca juga: Gelar pangan murah TTI mudahkan masyarakat HSS penuhi kebutuhan pokok

Dijelaskan dia, berbagai macam bahan pangan yang disediakan seperti telur ayam, bawang merah, bawang putih, asam jawa, gula pasir, dan minyak goreng dengan harga jual lebih terjangkau dibanding harga pasaran.

Dalam pelaksanaannya, untuk menghindari kerumunan panitia tetap memperhatikan protokol kesehatan serta menyiapkan perlengkapan penunjang seperti tempat cuci tangan, sabun, dan handsanitizer kepada masyarakat yang akan berbelanja, agar masyarakat yang berbelanja lebih tertib dan mentaati protokol kesehatan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Desa Wasah Hilir, M. Adriansyah, mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah karena telah menggelar bazar pangan murah ini di desa mereka.

"Kami bersyukur karena kegiatan ini sangat membantu masyarakat di desa kami, mudah-mudahan ini bermanfaat bagi masyarakat dan nanti akan kembali bisa dilaksanakan kegiatan seperti ini,"  katanya.

Baca juga: Pembangunan lumbung pangan perkuat ketersediaan pangan di HSS

Warga setempat, Minarti, mengatakan terbantu dengan adanya kegiatan ini, karena dirinya dapat membeli kebutuhan pangan dengan harga yang lebih murah dari harga pangan pada umumnya.

"Alhamdulillah dengan adanya pasar murah di Desa Wasah Hilir ini sangat membantu kami, karena harganya lebih murah jika dibandikan dengan harga di pasaran," katanya.

Adapun gelar pangan murah TTI ini akan diselenggarakan di 11 Kecamatan di Kabupaten HSS secara bergiliran, berlangsung mulai tanggal 3 Februari 2022 sampai tanggal 19 April 2022 mendatang.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022