Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Achmad Fikry memberikan motivasi bagi puluhan anak yang sekolah di Sekolah Islam Terpadu (SIT) Qurrata A'yun (QA), Kandangan yang divaksin lanjutan atau booster COVID-19, di halaman sekolah setempat.

Vaksinasi bekerjasama dengan Polres Hulu Sungai Selatan (HSS) dalam upaya gerakan vaksinasi massal serentak digelar secara online di seluruh Polda dan Polres di Indonesia, dan dipusatkan dari Polda Kalimantan Selatan di Banjarmasin, dihadiri langsung Kapolri Jendral Polisi, Listyo Sigit Prabowo.

"Tak sedikit memang di antara mereka yang masih takut dan enggan berhadapan dengan jarum suntik, namun kita telah berikan motivasi dan edukasi tentang pentingnya vaksin bagi mereka," katanya, dalam keterangan, di Kandangan, beberapa waktu lalu.

Dijelaskan dia, sangat mendukung langkah-langkah yang telah dilakukan Polres HSS dalam memaksimalkan vaksinasi untuk warga HSS, pihaknya akan terus melakukan berbagai cara dan upaya, agar target angka vaksinasi lansia tercapai.

Baca juga: 101 orang warga binaan pemasyarakatan Rutan Kandangan ikuti vaksinasi Booster

Termasuk yang paling efektif adalah gerakan door to door yang mungkin bagi sebagian lansia akan lebih memberikan ketenangan pada saat divaksin, saat ini untuk lansia sendiri di HSS sudah mencapai 63 persen lebih.

Pihaknya terus menganalisa dan mencari format yang tepat untuk vaksinasi anak yang juga belum mencapai target, terutama usia enam sampai dengan 11 tahun di beberapa kecamatan.

"Untuk HSS sendiri dari 11 kecamatan, sudah delapan kecamatan yang mencapai di atas 60 sampai 70 persen, hanya ada beberapa kecamatan yang masih di bawah target. Hal ini perlu kita terus cari penyebabnya, di mana dan apa, karena Pertemuan Tatap Muka (PTM) sudah berjalan," katanya.

Ia berharap untuk masyarakat yang ingin melaksanakan kegiatan keagamaan, pada prinsipnya pemerintah daerah tidak melarang. Namun tentu penerapan protokol kesehatan harus tetap dijaga, kalau ada kesulitan teknis bisa berkoordinasi dengan petugas terkait.

Dan bagi warga yang melaksanakan kegiatan keagamaan agar dalam pelaksanaannya salah satu upaya yang penting dilakukan, dengan memperbanyak relawan yang bisa mengatur massa, sehingga meminimalisir kerumunan.

Vaksinasi yang dilaksanakan di SIT QA dipimpin langsung Kapolres HSS, AKBP Sugeng Priyanto beserta Dandim 1003 HSS, Letkol Infanteri, Nurliewedie NK. Dengan didampingi oleh orang tua masing-masing, para siswa yang terdiri dari tingkat SD dan SMP ini satu-persatu divaksin oleh petugas kesehatan.

Baca juga: Dinkes HSS siapkan ruang perawatan dan obat-obatan antisipasi lonjakan COVID-19

Informasi dari pihak Polres HSS, kegiatan ini dilaksanakan karena banyak siswa yang sangat antusias untuk mengikuti vaksin dengan kesadaran sendiri, dan juga permintaan orang tua siswa.

Yang menarik untuk memotivasi dan menggembirakan hati para siswa ini, maka setiap siswa yang telah divaksin diberikan hadiah. Selain anak-anak dilakukan pula vaksin untuk para lansia yang ikut datang berpartisipasi.

Sementara itu, pada Video Conference (Vidcon) yang dilaksanakan dari Banjarmasin ke seluruh Indonesia, Kapolri mengadakan dialog dengan beberapa Polda di Indonesia.

Diinstruksikan ke beberapa Polda yang masih rendah target pencapaian angka vaksinasi, untuk lebih meningkatkan strategi dan inovasi dalam melakukan pendekatan kepada masyarakat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022