Sebanyak 101 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kandangan, Hulu Sungai Selatan (HSS) mengikuti vaksinasi ketiga atau Booster yang dilakukan di ruang kunjungan rutan setempat.

Kepala Rutan Kandangan, Jeremia Leonta Sinu Raya, di Kandangan, mengatakan vaksinasi sebagai salah satu upaya dalam rangka pencegahan dan penanggulangan COVID-19, khususnya di lingkungan Rutan Kelas II B Kandangan.

Baca juga: Dua petugas Rutan Kandangan terluka amankan pria mengamuk di Lungau HSS

"Vaksinasi Booster COVID-19 telah terlaksana pemberian vaksinasi kepada 101 orang dan ditambah dengan vaksinasi dosis pertama bagi 10 orang WBP dengan menggunakan Vaksin Astra Zeneca," katanya, dalam keterangan, Kamis (11/2) kemarin.

Dijelaskan dia, dari jumlah total sasaran vaksinasi sebanyak 242 orang WBP, namun sebanyak  131 orang yang tidak mengikuti vaksinasi booster karena beberapa kendala seperti, 120 orang belum sampai waktu vaksin booster, lima orantg tanpa NIK dan enam orang dengan komorbid.

Vaksinasi dipimpin langsung Karutan dan dikelola oleh seluruh pegawai rutan yang terlibat, serta diikuti oleh seluruh Petugas dan Tim Vaksinator dari Puskesmas Kandangan dengan koordinator, M. Pauzi, Kepala Puskesmas Kandangan di bawah naungan Dinas Kesehatan HSS.

Baca juga: 173 warga binaan Rutan Kandangan divaksinasi

Giat Vaksinasi bagi WBP di Rutan Kelas IIB Kandangan ini berjalan lancar, aman, dan terkendali dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, serta dilaksanakan secara berkelanjutan melalui sinergitas antar instansi baik vertikal maupun horizontal, dengan Dinas Kesehatan dan Polres HSS.

"Untuk 120 orang WBP yang belum mendapatkan vaksin booster karena belum sampai waktu vaksin, akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan pihak Dinkes Kabupaten HSS," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022