Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balangan dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balangan mantapkan persiapan pemilihan umum (Pemilu) 2024 dengan menggelar rapat dengar pendapat umum (RDPU).

Ketua KPU Kabupaten Balangan Saripani di Paringin Rabu, menjelaskan tentang pembagian-pembagian daerah pemilih di wilayah Kabupaten Balangan beserta jumlah pemilihnya.

Dia menyebutkan, Kabupaten Balangan sendiri mempunyai delapan kecamatan, yang terbagi menjadi tiga daerah pemilihan (Dapil) untuk pemilihan legislatif tingkat kabupaten.

Ketiga dapil tersebut yakni Balangan I (Kecamatan Paringin,Paringin Selatan, Kecamatan Lampihong), Balangan II (Kecamatan Juai dan Halong) dan Balangan III (Kecamatan Batumandi, Awayan dan Tebing Tinggi).

"Karena jumlah penduduk di Balangan lebih dari 100 ribu penduduk, oleh karena itu Balangan memperoleh alokasi 25 kursi. Dan berdasarkan data pada semester I per Juni 2021, jumlah penduduk di Kabupaten sebanyak 132.210 jiwa," terang Saripani.

Sementara itu, salah satu anggota DPRD Balangan, Syahbuddin mengatakan pihaknya masih menunggu perhitungan semester II dan III sehingga mampu mengklaim data pemilih yang akurat.

"Kami perlu menunggu hasil dari pendataan semester II dan III tahun 2022 untuk mendapatkan jumlah penduduk serta pemilih yang akurat, pastinya akan ada tambahan jumlah penduduk," pungkasnya.

Diketahui, untuk penetapan tanggal daerah pemilih akan dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 9 Februari 2023 nanti.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022